Serunya Festival Rambipuji Jember, Bupati Faida Pimpin Ledakkan 1000 Meriam Bumbung

Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74, Warga Kecamatan Rambipuji, Jember menggelar Festival Rakyat Rambipuji, Minggu (18/8/2019).

Serunya Festival Rambipuji Jember, Bupati Faida Pimpin Ledakkan 1000 Meriam Bumbung
SURYA/SRI WAHYUNIK
Bupati Jember Faida menyulut meriam bumbung di festival Rambipuji pada Minggu (18/8/2019) 

TRIBUNJEMBER.COM, RAMBIPUJI - Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74, Warga Kecamatan Rambipuji, Jember menggelar Festival Rakyat Rambipuji, Minggu (18/8/2019).

Acara itu berlangsung meriah selama satu hari penuh. Bupati Jember, Faida turut diundang untuk menembakkan meriam bumbung.

Bupati Faida menyebut Festival Rakyat Rambipuji betul-betul menjadi festival rakyat. Sebab, seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak sampai lansia, berpartisipasi.

Festival itu juga menunjukkan masyarakat Rambipuji kreatif, mampu memberikan hiburan sekaligus berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat. 

(Mantan Teroris Bom Bali jadi Perwira Upacara di HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Lamongan)

“Bukan hanya menghibur, bukan hanya berkreasi, tapi juga meningkatkan ekonomi kerakyatan masyarakat Rambupuji,” ujar Bupati Faida.

Festival yang dimotori pemuda karang taruna setempat itu menyajikan flash mob Tari Pandhalungan dan permainan 1.000 meriam bumbung.

Bupati Faida menegaskan, seni dan budaya tidak mengenal sekat. Tari Pandhalungan yang dimainkan banyak orang pun menjadi bentuk komunikasi pemersatu.

“Semua menjadi satu, dan semua bergembira. Saya yakin ke depan festival ini akan menjadi salah satu festival unggulan Kabupaten Jember,” katanya.

Bupati Faida juga memuji adanya kegiatan permainan tradisional meriam bumbung.

Meriam ini terbuat dari bambu, yang disulut memakai minyak tanah dan api di ujungnya. Keluarlah ledakan di ujung meriam.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved