Latihan Bersama Garuda Shield 2019, Pasukan TNI AD Pamer Pencak Silat di depan Pasukan US Army

Untuk kesekian kalinya TNI AD dan Angkatan Darat AS di Pasifik, U.S. Army Pacific, menggelar program latihan bersama, Garuda Shield.

Latihan Bersama Garuda Shield 2019, Pasukan TNI AD Pamer Pencak Silat di depan Pasukan US Army
US Army/Pfc Ezra Camarena
Pangdiv 2/Kostrad Mayjend Tri Yuniarto dan Mayjend Pete Johnson, Deputy Commanding General for the US Army, Pacific, berjabat tangan setelah berpidato dalam upacara pembukaan program Garuda Shield 2019, Senin (19/8/2019) 

TRIBUNJATIM.COM - Untuk kesekian kalinya TNI AD dan Angkatan Darat AS di Pasifik, U.S. Army Pacific, menggelar program latihan bersama, Garuda Shield 2019.

Menurut siaran pers yang diterima redaksi, program Garuda Shield 2019 digelar di Jawa Timur  pada 19-30 Agustus 2019. 

Program ini mempertemukan dua perwira tinggi berpangkat mayor jenderal, yaitu Pangdiv 2/Kostrad Mayjend Tri Yuniarto dan Mayjend Pete Johnson, Deputy Commanding General for the US Army, Pacific,

Garuda Shield merupakan latihan bersama bilateral yang digelar secara rutin setiap tahun yang disponsori oleh U.S. Army Pacific dan TNI-AD bertindak sebagai tuan rumah.

Tahun ini merupakan latihan ke-13 dari kelanjutan upaya untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan di kawasan ini.   

Sekitar 700 personel U.S. Army Pacific dari Jepang, California, Hawaii, negara bagian Washington dan Wincosin, dan sekitar 700 tentara Indonesia melakukan serangkaian kegiatan kemitraan dan latihan bilateral.

Program latihan bersama kali ini berfokus pada operasi pendukung perdamaian. Kegiatan meliputi pelatihan untuk para staf brigade, latihan lapangan, latihan aviasi dan kesehatan, serta latihan menembak gabungan.   

Pasukan TNI AD dan US Army peserta Gauda Shield 2019 membentuk formasi angka 70 untuk menandai peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia - Amerika Serikat, Senin (19/8/2019).
Pasukan TNI AD dan US Army peserta Gauda Shield 2019 membentuk formasi angka 70 untuk menandai peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia - Amerika Serikat, Senin (19/8/2019). (US Army/Pfc Ezra Camarena)

Yang istimewa, Garuda Shield 2019 ini sekaligus memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia - Amerika Serikat. 

Moment ini ditandai dengan pembentukan formasi angka 70 oleh pasukan TNI AD dan US Army.

Bagi U.S.Army Pacific latma Garuda Shield merupakan latihan ketiga dari program Pasifik Pathways 2019. 

Dalam pembukaan itu, pasukan TNI AD menunjukkan ketrampilannya dalam ilmu bela diri tradisional pencak silat dan kekuatan fisik di depan koleganya dari Amerika Serikat. 

Editor: Adi Sasono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved