Arumi Bachsin Datang ke Kabupaten Malang, Tertarik Tanaman Toga

Masyarakat Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang mendapat pujian dari Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Arumi Bachsin Datang ke Kabupaten Malang, Tertarik Tanaman Toga
(surya/Erwin Wicaksono)
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Dardak melakukan kunjungan ke Pendopo Peringgitan Kabupaten Malang , Kamis (22/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Masyarakat Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang mendapat pujian dari Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Arumi Bachsin melakukan kunjungan ke Pendopo Peringgitan Kabupaten Malang, Kamis (22/8/2019).

Asman Toga dan Akupresure menjadi produk unggulan Desa Kebobang yang menarik perhatian istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak itu.

Di sana, budidaya Asman Toga tersebar di empat Kebobang bervisi menjadi desa yang terkenal dengan Asman Toga, dan sudah bersiap mengikuti penilaian Lomba Desa Pro Iklim.

Wujud budidayanya meliputi, anggrek di dusun Tumpakrejo, asman melati di Dusun Kebobang, Asman Matahari di Dusun Kedungrejo, dan ada juga Asman Mawar. Ada juga cafe toga, lomba cipta menu olahan toga dan pestisida nabati.

"Sejak dahulu, Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya. Jahe, kunyit, laos, kalau di Indonesia harganya memang murah, tetapi kalau di luar negeri, masya Allah mahalnya minta ampun," ungkap Arumi tercengang kepada Tribunjatim.com.

Terinspirasi Tour dIndonesia, Punjul Santoso Ingin Gelar Tour dBatu untuk Munculkan Bibit Atlet

Didenda Rp 150 Juta, Arema FC Temukan Hal Aneh di Surat PSSI, Laga di Kanjuruhan Ditulis Gajayana

Ribuan Orang Terhibur di Ajang Festival Terbuka Jaranan di Alun-alun Trenggalek

Arumi juga mensosialisasikan agar Puskesmas mengajarkan dan memfasilitasi masyarakat ketahui pencegahan penyakit.

Menurutnya, di luar penyakit genetik atau penyakit penuaan itu banyak disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

''Seperti karena kurang olahraga dan kurang vitamin D karena kurang kena sinar matahari. Menjaga kesehatan bisa dengan toga," jelas Arumi kepada Tribunjatim.com.

Arumi menilai, hidup sehat biasanya selalu diawali dari luar negeri, namun Desa Kebobang juga bisa jadi pusat rujukan studi tentang tanaman obat keluarga (Toga) agar lebih dikenal.

''Perekonomian warga Desa Kebobang juga ikut terangkat buah berbudidaya Asman Toga. Tepat sekali memang, sekarang semuanya sudah mulai back to nature," ujarnya kepada Tribunjatim.com. (ew/Tribunjatim.com)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved