Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemkab Jember Gelar Semaan Al-Quran

Pemkab Jember menggelar acara Semaan Al-Quran, Sabtu (24/8/2019) untuk memperingati Kemerdekaan.

Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemkab Jember Gelar Semaan Al-Quran
SURYA.CO.ID/SRI WAHYUNIK
Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief. Pemkab jember gelar Semaan Al quran, Sabtu (24/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemkab Jember menggelar acara Semaan Al-Quran, Sabtu (24/8/2019). Acara pembacaan Al-Quran hingga khatam itu digelar setiap bulan Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief mengatakan, rutinitas ini dilakukan karena sebutan Jember sebagai kabupaten yang religius. “Dari sanubari yang paling dalam, ingin sekali mengantarkan Jember menjadi kabupaten dan masyarakat yang religius,” ujar Kiai Muqit.

Semaan Al-Quran tahun ini digelar di halaman tengah kantor Pemkab Jember Jalan Sudarman. Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Majelis Semaan Al-Quran dan Dzikrul Ghofilin Gus Miek Jantiko Mantab Jember. Semaan dimulai usai Shalat Subuh berjamaah, dan bakal ditutup, Sabtu (24/8/2019) malam.

Cara Beda Pendemo Kritik Kebijakan Pemkab Jember, Gelar Ruwatan Bumi Hingga Makan Nasi Tumpeng

Wabup Jember yang akarab dipanggil dengan sebutan Kiai Muqit itu menjelaskan, masyarakat yang religius artinya masyarakat yang senantiasa mendekat kepada Tuhan.

Kiai Muqit menyatakan sangat yakin dengan ridho dan karunia Allah SWT serta dengan barokah Al-Quran, pembangunan di Kabupaten Jember tidak hanya bernuansa duniawi

“Tetapi juga bernuansa ukhrawi. Syukur-syukur bisa menjadi amal yang kami harapkan tatkala kembali kehadirat Allah SWT,” imbuhnya.

Tentang generasi qurani, Kiai Muqit mengungkapkan, di Jember telah tumbuh dan berkembang para hafiz dan hafizah. “Ini sesuatu yang membahagiakan kami semua,” ungkapnya.

BREAKING NEWS: Gudang Pengeringan Tembakau di Jember Ludes Terbakar, PMK Butuh 30 Menit Padamkan Api

Semakin banyak hafiz dan hafizah di Jember, lanjutnya, maka akan semakin banyak generasi qurani yang akan mewarnai kehidupan masyarakat di Kabupaten Jember.

Tumbuh kembangnya penghafal Al-Quran ini juga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Jember. Menurutnya, di Lapas Jember juga telah ada warga binaan yang telah hafal Al-Quran.

“Semoga hafalan-hafalan huffadz ini bisa berpengaruh untuk menghadirkan diri sebagai generasi qurani,” harapnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved