Kerja Sama dengan OJK Pemkab Jember Siapkan Transformasi Badan Kredit Desa Menjadi BPR atau LKM

Pemkab Jember sedang menyiapkan transformasi Badan Kredit Desa (BKD) menjadi Badan Perkreditan Rakyat (BPR) atau Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Kerja Sama dengan OJK Pemkab Jember Siapkan Transformasi Badan Kredit Desa Menjadi BPR atau LKM
SURYA.CO.ID/SRI WAHYUNIK
Kerja Sama dengan OJK Pemkab Jember Siapkan Transformasi Badan Kredit Desa Menjadi BPR atau LKM 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemkab Jember sedang menyiapkan transformasi Badan Kredit Desa (BKD) menjadi Badan Perkreditan Rakyat (BPR) atau Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Pemkab Jember bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menuju proses tersebut.

"Kami harus segera melakukan penyelesaian transformasi Badan Kredit Desa (BKD) menjadi lembaga keuangan yang formil," ujar Bupati Jember Faida saat sosialisasi perihal transformasi Badan Kredit Desa di Aula PB Soedirman, Jember, Kamis (29/8/2019).

Sosialisasi tersebut mengundang pengurus BKD se-Kabupaten Jember.

BREAKING NEWS - KPK Ngantor di Jember Selama Tiga Hari, Ini Tujuannya

Menurut Bupati Faida ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses transformasi itu, salah satunya melalui musyawarah desa (Musdes).

Musdes digelar untuk mengubah status BKD menjadi lembaga keuangan yang diatur oleh UU.

Dengan pengubahan status tersebut, lanjutnya, aset yang dimiliki BKD menjadi milik pemerintah desa sepenuhnya. Sebelumnya, 60 persen aset milik desa dan 40 persen milik pengelola.

Bupati Faida menambahkan dari sekian BKD yang ada di Jember mengalami penurunan terkait nilai aset maupun kreditnya. Bahkan mayoritas dalam keadaan merugi.

"Tentu ini tidak bisa dibiarkan. Ada 53 BKD yang mempunyai aset tanah," ungkapnya.

Bupati Faida Sebut Ada Mafia SK Pensiun di Jember, Bikin SK Pensiun Baru Keluar 1,5 Tahun Kemudian

Sosialisasi digelar juga untuk mengarahkan pada bentuk lembaga baru BKD. Diharapkan nantinya BKD bertransformasi bentuk menjadi Perseroan Terbatas (PT) yang menaungi seluruh BKD ini.

Jumlah BKD di Kabupaten jember sebanyak 208. Semuanya, lanjut Faida, mempunyai tenggat waktu untuk berubah pada akhir tahun ini. Ada sejumlah pilihan bentuk baru BKD, yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BUM Desa, atau Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

"Saat inilah harus menyelesaikan status aset BKD dengan jelas dan badan hukumnya," tegas Faida.

Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin, mengatakan proses transformasi ini memang harus diselesaikan akhir tahun.
"Karena jatah waktunya sudah diberikan sejak tahun 2016. Jadi sejak 2016 itu sebenarnya BKD ini sudah membuat rencana pindah berubah menjadi apa," katanya.

Tetapi dalam prosesnya ada beberapa kendala. Karenanya, kini Pemkab Jember dan PJK mendorong supaya proses transformasi bentuk itu segera diselesaikan.

OJK, katanya, bakal mengawasi lembaga keuangan tersebut. "Kami akan lakukan pengawasan rutin, meminta laporan secara berkala, kemudian nanti juga setiap tahun akan dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved