Deklarasi Gerakan Jawa Timur Cinta Papua, Ribuan Orang Berbaur Hingga Menari Bersama Warga Papua

Deklarasi Gerakan Jawa Timur Cinta Papua, Ribuan Orang dari Jatim Berbaur Hingga Menari Bersama Warga Papua.

Deklarasi Gerakan Jawa Timur Cinta Papua, Ribuan Orang Berbaur Hingga Menari Bersama Warga Papua
SURYA/WILLY ABRAHAM
Masyarakat Jawa Timur meriahkan acara Deklarasi Jawa Timur Cinta Papua di Jalan Polisi Istimewa, Minggu (1/9/2019). 

Deklarasi Gerakan Jawa Timur Cinta Papua, Ribuan Orang Berbaur Hingga Menari Bersama Warga Papua

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ribuan warga ramai-ramai mendatangi Jalan Polisi Istimewa, Minggu (1/9/2019) pagi. Mereka turun ke jalan mendeklarasikan Gerakan Jawa Timur Cinta Papua.

Tidak hanya warga Kota Surabaya, acara ini juga diikuti oleh warga Jawa Timur lainnya. Selain itu, warga Papua yang berada di Jawa Timur turut memeriahkan.

1 Muharram, Gubernur Khofifah Tanam Pohon Matoa di Masjid Al Akbar, Simbol Persaudaraan Jatim-Papua

Elemen Relawan Jokowi Minta Pemerintah Lebih Berperan Aktif dalam Kasus Papua

Jawa Timur Gotong Royong Kirimkan Bantuan untuk Papua, Termasuk Makanan dan 77 Dokter

Mereka tidak hanya orang dewasa. Bahkan pelajar, mahasiswa tumplek blek di Jalan Raya Polisi Istimewa hingga Jalan Raya Darmo. Acara yang diawali dengan jalan santai ini kental dengan nuansa Papua.

Mereka bernyanyi, menari dan bergandengan tangan bersama jajaran Forkopimda.

Beberapa warga mengenakan pakaian adat nusantara, mereka saling berbagi bunga kepada perwakilan warga Papua yang turut hadir.

"Gerakan Jawa Timur cinta Papua, Provinsi yang paling timur dari pulau Jawa menginspirasi bangsa ini bahwa persatuan dan kesatuan kunci dari pembangunan oleh karena itu dengan adanya Jawa Timur menggerakkan cinta Papua," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, Minggu (1/9/2019).

Warga Papua sendiri datang dari berbagai wilayah di Jawa Timur. "Kurang lebih 200 warga Papua ikut andil dalam acara Jawa Timur peduli Papua. Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, maupun teman-teman yang bekerja di seluruh Jawa Timur yang berasal dari Papua," tambahnya.

Mereka semua membaur bersama seluruh komunitas yang ada di Surabaya. Bonek-Bonita, Banser bersama seluruh pemerintahan yang ada, TNI-Polri, Ojol serta komunitas lainnya turut hadir.

Sandi berharap, bahwa pesan pada acara hari ini adalah semua adalah saudara.

"Pesan kami untuk teman-teman Papua di Jawa maupun di daerah lainnya, bahwa semuanya kita bersaudara dan pastinya kita akan menjaga keamanan dan ketertiban supaya Indonesia tetap kondusif, Indonesia bisa membangun untuk kemajuan rakyat bangsa dan Negara," tutupnya.

Senada, Pendeta Wilianus ILLU. MTH juga menyampaikan bahwa warga Papua yang ada di Jawa Timur merasa nyaman berada disini.

"Pertama acara gerakan Jawa Timur Cinta Papua ini sangat luar biasa situasi kondisi Jawa Timur yang kita tahu bersama. Tapi dengan adanya gerakan Jawa Timur Cinta Papua ini sungguh luar biasa yang memang membuat warga Papua yang ada di jawa timur ini nyaman, kemudian tadi mereka menyampaikan kepada saya bahwa mereka nyaman berada di wilayah Jawa Timur," paparnya.

Pihaknya selama ini rutin mendoakan bangsa dan negara. Agar kedepan Negara Indonesia semakin maju kedepannya.

"Kami rutin mendoakan wilayah Jawa Timur dan seluruh pemerintah-pemerintah yang ada di Jawa Timur kami rutin mendoakan supaya bangsa indonesia ke depannya makin hari makin jaya, makin hari makin adidah itu harapan kita bersama untuk wilayah Indonesia," tutupnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved