Kementrian Pertanian Sebut Ibu Kota Baru Indonesia di Kaltim Sudah Siap Mandiri Buah dan Sayur

Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan lokasi definitif ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Kementrian Pertanian Sebut Ibu Kota Baru Indonesia di Kaltim Sudah Siap Mandiri Buah dan Sayur
Tribunkaltim.co
Kawasan Sotek di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilihat dari udara. Sotek cocok jadi lahan Ibu Kota Baru bagi Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan lokasi definitif ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara.

Berangkat dari hal itu, Kementerian Pertanian bergerak cepat untuk mempersiapkan kawasan pangan untuk ibu kota dan sekitarnya.

Dorong Produktivitas Buah, Ditjen Hortikultura Kementan Siapkan Terobosan Grand Design Hortikultura

Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian Indonesia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi pengembangan kawasan penyangga mandiri pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur.

"Mimpi besar kita nanti yakni membangun Ibu Kota baru tanpa impor pangan, sebab pangan dapat diproduksi masyarakat Kalimantan Timur sendiri," katanya, Minggu (1/9/2019.

Menurut Amran, membangun Ibu Kota baru tanpa impor pangan dapat diwujudkan, karena Kementan sejak awal telah menyiapkan 500 juta pohon bibit tanaman perkebunan.

Penyiapan 500 juta pohon bibit tanaman perkebunan ini, masih kata Amran, akan menelan anggaran Rp 10 triliun.

"Bahkan sejak tahun 2018, bantuan bibit hortikultura yang telah diberikan sekitar 30 sampai 50 ribu, dan ditingkatkan 100 ribu pohon per tahun," tambahnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved