Lolos Verifikasi Banyuwangi Targetkan Jadi Kabupaten Sehat

Kabupaten Banyuwangi lolos verifikasi dokumen dalam penilaian Kabupaten Sehat dan melaju ke tahap verifikasi lapangan

Lolos Verifikasi Banyuwangi Targetkan Jadi Kabupaten Sehat
Surya/Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi lolos verifikasi dokumen dalam penilaian Kabupaten Sehat dan melaju ke tahap verifikasi lapangan.

Tim verifikasi nasional telah melakukan tinjau lapang langsung ke Banyuwangi untuk melakukan penilaian.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengatakan bahwa pada tahun ini Banyuwangi menargetkan meraih Kabupaten Sehat kategori Swasti Sabha Wistara. Ini merupakan penghargaan tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat yang meliputi enam komponen tatanan.

Komponen tersebut meliputi kawasan pemukiman dan sarpras sehat; kawasan sarana lalu lintas yang tertib, pelayanan transportasi; kawasan industri dan perkantoran sehat; kawasan pariwisata sehat. Lalu ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

“Tujuan Banyuwangi menjadi Kabupaten Sehat mutlak diperlukan karena memberikan output berupa kesehatan masyarakat yang semakin baik dan meningkat. Kalau masyarakatnya sehat, akan berpengaruh pada perkembangan daerahnya,” kata Wabup Yusuf saat bertemu tim verifikasi nasional di Banyuwangi Tribunjatim.com.

Yusuf menjelaskan bahwa kesehatan merupakan prioritas utama dalam pembangunan daerah bersama dengan sektor pendidikan. Untuk itu, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan warganya dengan melibatkan banyak stake holder.

Inovasi-inovasi di bidang kesehatan terus dikembangkan oleh kabupaten di ujung timur Jawa ini ini, antara lain layanan jemput bola warga miskin oleh puskesmas.

Viral Suami Kepergok Bonceng Wanita Lain Lewat Tilang Elektronik, Istri Cemburu hingga Gugat Cerai

Hamil 5 Bulan, Shandy Aulia Pamer Perut Buncit Pertama Kali di Instagram, Say Hi From Baby Bump

5 Fakta Anjing Bima Aryo Terkam ART hingga Tewas, Permintaan Maaf Keluarga hingga Diprotes Warga

Program ini, kata Yusuf, dilakukan dengan menggerakkan banyak pihak mulai dari puskesmas, aparat desa, hingga warga yang diminta untuk aktif memantau tetangganya yang membutuhkan penanganan kesehatan.

“Juga ada Forum Banyuwangi Sehat yang terdiri dari banyak stake holder yang mendampingi kami untuk mewujudkan Banyuwangi sebagai Kabupaten Sehat. Perubahan lingkungan juga kami lakukandengan membuat ruang terbuka hijau di banyak kecamatan. Fungsinya tidak hanya mempercantik wajah daerah, namun juga sebagai pusat warga berkumpul dan beraktivitas bersama,” lanjut Yusuf Tribunjatim.com.

Tak hanya itu, Banyuwangi juga menggelar festival yang di dalamnya ada pesan promotif budaya sehat. Seperti Festival Toilet Bersih, Festival Kali Bersih, Creative Recycled Festival.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved