Bersih-bersih Kampung Nelayan di Banyuwangi, Awali Fish Market Festival

Bulan ini Banyuwangi akan menggelar Fish Market Festival yang dimeriahkan dengan acara bazar ikan hingga lomba mancing.

Bersih-bersih Kampung Nelayan di Banyuwangi,  Awali Fish Market Festival
Surya/Haorrahman
Ketua PKK Banyuwangi istri Bupati Banyuwnagi Fiestiandani Azwar Anas 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bulan ini Banyuwangi akan menggelar Fish Market Festival yang dimeriahkan dengan acara bazar ikan hingga lomba mancing.

Festival ini diawali dengan aktivitas bersih-bersih kawasan nelayan oleh ribuan warga di Kampung Mandar, Banyuwangi.

Ribuan warga dan siswa tampak antusias hadir di lokasi mengikuti acara tersebut. Acara ini juga diikuti anggota TNI/Polri dan pegawai Pemkab Banyuwangi.

Acara dimulai dengan melakukan deklarasi bebas dari plastik. Mereka menyatakan komitmennya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan mereka, "Jangan ada plastik di antara kita".

Mari jadikan ajang ini sebagai momentum untuk meminimalisir produksi sampah plastik dalam kehidupan kita. Jangan boros plastik," kata Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Ketua PKK Banyuwangi kepada Tribunjatim.com.

Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, kegiatan tersebut menjadi momentum bagi semua warga untuk mulai membatasi penggunaan plastik. Dani mengajak semua yang hadir berkomitmen menjaga lingkungan dengan memerangi sampah plastik.

Cut Meyriska Sakit, Sang Ayah Unggah Foto Istri Roger Danuarta Diinfus, Singgung Soal Penyakit

VIRAL Pria di Wonogiri Didenda Rp 20 Juta Gara-gara Kencani Istri Orang, Ini Fakta di Baliknya!

Nikita Mirzani Tanggapi Tudingan Elza Syarief Sebut Jadi Informan Polisi soal Narkoba, Ada Bukti?

"Caranya bagaimana? Kemana-mana bawalah tumbler untuk pengganti botol air plastik yang biasa kita beli. Membawa tas sendiri kalau belanja. Termasuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti di kampung nelayan yang kita lakukan kali ini," imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Usai berdeklarasi, komitmen ini lalu mereka tuangkan dalam suatu kain kanvas beramai-ramai. Mereka menuliskan pesan dan harapan terkait sampah plastik. Selanjutnya, mereka langsung bergerak membersihkan kawasan nelayan Kampung Mandar bareng warga setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo mengatakan event fish market festival ini digelar untuk mempromosikan pasar ikan tradisional sebagai destinasi wisata bahari. Sebagai destinasi wiaata, maka kawasan nelayan dan pasar ikan harus terjaga kebersihannya.

"Lewat event ini, kami ingin mengenalkan pasar-pasar ikan di Banyuwangi yang bisa dijadikan jujugan wisatawan. Untuk itu, kami mengajak warga di kampung nelayan menjaga kebersihan lingkungannya," kata Hary kepada Tribunjatim.com

Fish market festival ini akan digelar di sejumlah tempat pelelangan ikan. Festival pasar ikan ini akan dimulai pada 8 September di kampung nelayan Kampung Mandar, Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan di TPI Muncar pada 11 - 15 September.

"Puncaknya pada 21 - 22 September dimana akan digelar festival memancing di Pantai Grajagan Banyuwangi," tambah Hary. (Haorrahman/Tribunjatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved