Gubernur Khofifah Ajukan 3 Kabupaten di Jatim Jadi Uji Coba Penerapan Teknologi Digital Perikanan

Gubernur Khofifah ajukan 3 kabupaten buat uji coba penerapan teknologi digital perikanan mulai GPS pencari ikan hingga pengawet organik.

Gubernur Khofifah Ajukan 3 Kabupaten di Jatim Jadi Uji Coba Penerapan Teknologi Digital Perikanan
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa audiensi dengan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Purbaya Yudhi Sadewa, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (6/9/2019) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kabupaten yang memiliki wilayah pesisir di Jawa Timur dipastikan akan menjadi daerah uji coba penerapan teknologi perikanan yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Tiga daerah di Jawa Timur yang akan disiapkan menjadi pilot project adalah Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Lamongan.

Para nelayan di tiga daerah tersebut akan diajak untuk lebih akrab dengan teknologi digital dengan penerapan aplikasi nelayan.

Aplikasi nelayan ini mampu memberikan informasi arah melaut dimana ikan berada.

Disindir Cawali Bonek Karena Sering Sapa Rakyat Kecil, Keponakan Khofifah Ini Justru Bersyukur

Serta para nelayan Jawa Timur juga akan diberikan penerapan teknologi pengawetan ikan organik menggunakan daun pohon kesemek.

Keputusan akan adanya uji coba di tiga daerah Jawa Timur itu dipastikan usai audiensi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Purbaya Yudhi Sadewa, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (6/9/2019) pagi.

Dikatakan Khofifah, program uji coba ini akan menguatkan nelayan Jawa Timur menjadi lebih akrab dengan teknologi dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

"Dari audiensi dengan Pak Purbaya ini tadi ada program strategis yang akan diterapkan untuk nelayan di Jawa Timur. Kemenko Maritim akan melakukan uji coba di tiga kabupaten di Jawa Timur untuk menggunakan aplikasi nelayan. Kerennya aplikasi digital ini bisa memberikan arah dimana ada ikan sehingga nelayan bisa melaut dan menangkap ikan di titik tersebut. Insyallah dua minggu lagi dimulai," urai Khofifah.

Khofifah Indar Parawansa Sebut Angka Stunting di Batu 51 Persen, Dinas Kesehatan Sebut Lain

Lebih lanjut dikatakan Khofifah aplikasi nelayan ini akan membuat nelayan Jawa Timur lebih mudah dan terbantu dalam mencari ikan.

Saat ini memang batu tiga daerah yang disiapkan untuk uji coba.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved