Kadin Indonesia Lepas Ekspor 15,5 Ton Udang Beku Vaname ke AS, Petambak Jatim Disoroti

Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo lepas ekspor 15,5 ton udang beku vaname pilihan ke Amerika Serikat, Sabtu (7/9/2019).

Kadin Indonesia Lepas Ekspor 15,5 Ton Udang Beku Vaname ke AS, Petambak Jatim Disoroti
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo memecahkan kendi sebagai tanda melepas ekspor 15,5 ton udang beku vaname pilihan ke Amerika Serikat, Sabtu (7/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo lepas ekspor 15,5 ton udang beku vaname pilihan ke Amerika Serikat, Sabtu (7/9/2019).

Pelepasan ekspor udang tersebut digelar di PT. Grahamamakmur Ciptapratama, Jalan Industri No. 29 A, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

Eddy Ganefo mengatakan komoditas udang beku saat ini memiliki pangsa pasar yang besar di mancanegara.

"Hal itu dikarenakan tingkat konsumsi hasil laut mulai merangkak naik dibanding dengan konsumsi hewani seperti daging dan ayam. Oleh karenanya peluang ekspor sendiri sangatlah besar," ujarnya kepada TribunJatim.com.

(Kementan Berhasil Tingkatkan Ekspor Produk Hortikultura Lewat Promosi Dagang)

Dirinya menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresisasi sekaligus mendorong eksportir udang untuk terus meningkatkan volume ekspor keluar negeri selain ke Amerika Serikat.

"Meskipun saat ini beredar pengetatan ekspor jenis udang ke Eropa terutama Inggris. Karena selain di daratan Eropa, udang tersebut diekspor ke Jepang dan Cina juga," tambahnya.

General Manager PT. Grahamamakmur Ciptapratama, Kasmiati mengaku saat ini terdapat kendala dari bahan baku udang beku vaname.

"Bahan baku udang beku mulai berkurang dari petambak yang berada di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Sidoarjo," ucap Kasmiati.

"Sehingga mau tidak mau kita harus mengambil bahan baku dari wilayah Jawa Tengah, Sulawesi, Sumbawa, Bali dan Lombok," tandasnya.

(Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya Melepas Ekspor Sarang Burung Walet)

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved