Massa Turun ke Jalan Tuntut Bupati Pamekasan Naikkan Harga Tembakau, Bukan Sekedar 'Selfie'

Sekitar 300 pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Tembakau, unjuk rasa ke Pendopo Ronggo Sukowati pada Senin (9/9/2019).

Massa Turun ke Jalan Tuntut Bupati Pamekasan Naikkan Harga Tembakau, Bukan Sekedar 'Selfie'
TRIBUNMADURA.COM/Kuswanto Ferdian
Sejumlah massa saat mendatangi rumah dinas Bupati Pamekasan yang berada di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan, Madura, Senin (9/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Muchsin Rasjid

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN – Sekitar 300 pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Tembakau, unjuk rasa ke Pendopo Ronggo Sukowati pada Senin (9/9/2019).

Massa menagih janji Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang menyebut akan membuat harga tembakau di Pamekasan stabil tingginya. Namun faktanya, sebagian petani mengaluh harga tembakau makin anjok.

Adapun pengunjuk rasa terdiri dari 26 elemen, di antaranya GMNI, HKTI, AM2, Formasi, Samar, Kapak, BMM, GSM, Alpart, Gempur, Komad, Famas, Fara, GPRS, Prima, Pandawa, Lapak, Gempar, Gempar, Cekam, LPPN RI, Gapura, Pantura, Larem dan Tropong.

Mereka bergerak dari monumen Arek Lancor, dengan membentangkan sejumlah poster dan dua unit sound sistem, menuju Pendopo Ronggo Sukowati, Jl Kabupaten.

(300 Ton Tembakau Petani Sumenep Mangkrak, Banyak Gudang Pabrik Rokok Batasi Jumlah Pembelian)

Di sepanjang perjalanan, mereka orasi bergantian meneriakkan keluhan terkait BaddrutTaman yang dinilai ingkar janji saat kampanye.

Di depan pintu gebang pendopo, mereka disambut aparat Polres Pamekasan yang membuat pagar betis.

Sehingga mereka berhenti kembali berorasi dengan sejumlah tuntutan, di antaranya meminta pemerintah berpihak pada petani tembakau.

Massa juga mendesak dicabutnya tata niaga tembakau yang dinilai tidak menguntungkan petani tembakau. Baddrut Tamam pun dituntut menciptakan regulasi baru yang menguntungkan petani tembakau.

Selain itu, mereka juga mempersoalkan pernyataan bupati terkait 'demo bayaran' pada aksi protes harga tembakau.

Halaman
12
Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved