Rumah Politik Jatim

Soal Pimpinan Komisi DPRD Jatim, Tiga Fraksi Sebut Target, Demokrat dan Golkar Belum Sepakat

Soal pimpinan Komisi DPRD Jatim, tiga fraksi sebut target, Demokrat dan Golkar belum sepakat

SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Suasana pelantikan Anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024, Sabtu (31/8/2019) di Gedung DPRD Jatim. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penyusunan pimpinan komisi DPRD Jawa Timur terus dibahas.

Lima Fraksi dari partai pemenang pemilu di Jatim dinyatakan akan mendapatkan jatah Ketua Komisi.

Hingga saat ini, baru tiga fraksi yang telah menentukan sikap. Yakni, PDI Perjuangan, sebagai pemenang pemilu, yang memilih jabatan Ketua Komisi E yang membidangi Kesejahteraan Rakyat.

Kemudian, PKB sebagai pemenang kedua yang memilih Ketua Komisi B yang membidangi perekonomian. Serta, Partai Gerindra sebagai pemenang nomor tiga yang mengincar posisi Ketua Komisi C (Keuangan).

Komposisi tersebut berubah dibandingkan dengan periode 2014-2019. Sebelumnya, PKB menjadi Ketua Komisi C, PDI Perjuangan di Ketua Komisi D, dan Partai Gerindra di posisi Ketua Komisi B.

Baru Dua Partai yang Sodorkan Nama, Struktur Pimpinan DPRD Jatim Ditargetkan Tuntas 11 September

Sementara itu, dua fraksi lainnya yakni Golkar dan Demokrat belum sepakat. Berdasarkan sumber di internal dewan, Demokrat akan mendapatkan jatah Ketua Komisi D (Pembangunan) sedangkan Golkar berada di Komisi A (Hukum dan Pemerintahan).

Di periode sebelumnya, Demokrat memimpin Komisi E, sedangkan Golkar memimpin Ketua Komisi A.

Ketua Fraksi Golkar, Sahat Tua Simanjuntak menegaskan hingga saat ini belum ada pembicaraan formal pembagian komisi. Oleh karena itu, masing-masing fraksi sebaiknya duduk bersama untuk membahas hal tersebut sebelum bicara soal komisi.

Pihaknya juga berharap kepada masing-masing partai untuk menahan diri menyampaikan target pimpinan komisi sebelum dilakukan pembahasan.

"Kami berharap jangan ada arogansi kepada masing-masing partai. Semua harus duduk bersama dan melakukan pembahasan. Jangan dulu bilang mau disini, atau disini. Apalagi, ini soal kedewanan," kata Sahat.

Partai Demokrat Tunjuk Achmad Iskandar sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Timur

Senada dengan hal itu, Ketua Fraksi Demokrat, Sri Subiati menyebut pembahasan dilakukan pada pertengahan pekan ini. "Pembahasan baru dilakukan besok Rabu (11/9/2019)," kata Subiati dikonfirmasi terpisah.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra, Ahmad Hadinuddin optimistis bahwa pembahasan pembagian komisi akan berjalan relatif mudah. Apalagi, lobi politik antar parpol juga terus berjalan.

"Tradisi di Jawa Timur, pembagian dilakukan secara proporsional. Sebab, kami tak ada fraksi, melainkan satu fraksi, Fraksi Jawa Timur," kata Hadinuddin menegaskan.

Ia juga menjelaskan memilih pimpinan Komisi C.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved