32 Kebakaran Selama Delapan Bulan, Tiga Bulan Terakhir Terus Meningkat di Kabupaten Jember

Peristiwa kebakaran di Kabupaten Jember meningkat selama tiga bulan terakhir. Dari data yang dihimpun Surya, selama tiga bulan terakhir ada peningkat

32 Kebakaran Selama Delapan Bulan, Tiga Bulan Terakhir Terus Meningkat di Kabupaten Jember
ISTIMEWA
Ilustrasi kebakaran 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Peristiwa kebakaran di Kabupaten Jember meningkat selama tiga bulan terakhir. Dari data yang dihimpun Surya, selama tiga bulan terakhir ada peningkatan kasus kebakaran.

Mengacu data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, pada bulan Juli terjadi tujuh peristiwa kebakaran, kemudian naik sembilan kejadian di bulan Agustus. Pada bulan September ini, Surya mencatat mulai tanggal 6 - 11 September telah terjadi delapan kali kasus kebakaran. Sedangkan sejak Januari hingga 31 Agustus 2019 terjadi 32 kebakaran di Kabupaten Jember.

Kebakaran masih didominasi kebakaran bangunan, seperti rumah dan gudang. Namun sejak bulan Agustus lalu, juga ditemukan kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan antara lain terjadi di hutan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) di Kecamatan Tempurejo pada 29 dan 31 Agustus 2019.

Sementara di bulan September ini, kebakaran hutan sudah tiga kali terjadi yakni di Kecamatan Silo dan Gumukmas. Kebakaran hutan di Kecamatan Silo terjadi di hutan pinus kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo.

Kebakaran itu ulah orang gila yang membakar semar di bawah pohon pinus. Kebakaran hutan yang terjadi pada Senin (9/9/2019) itu bisa dipadamkan gabungan warga, petugas Perhutani, dan pemadam kebakaran.

Heboh Warga Temukan Jasad Bayi dalam Kardus di Kenjeran Park, Ada yang Lihat Sejoli Mau Gali Tanah

Kesedihan Maudy Ayunda Gagal Pamer Usaha Jadi Ainun ke Habibie, Kenang Momen Terakhir Suami Ainun

Razia Kos di Sidoarjo, Cewek-cewek Penghuni Kos Mendadak Dites Urine

Kebakaran lahan di tempat lain terjadi di sebuah gumuk yang disebut Gunung Tembok di Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas. Kebakaran lahan gumuk yang ditumbuhi pepohonan ini terjadi dua kali yakni Jumat (6/9/2019), dan Rabu (11/9/2019).

Pada Rabu (11/9/2019) kebakaran terjadi di dua titik seluas sekitar dua hektare, dan hanya berjarak sekitar 50 meter dari permukiman warga.

Intensitas kebakaran bangunan di bulan September juga naik. Bahkan jarak antar kejadian berdekatan. Pada Senin (8/9/2019), sebuah rumah terbakar di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, kemudian pada Selasa (10/9/2019), tiga rumah ludes terbakar dalam satu waktu kejadian kebakaran di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang.

Terakhir pada Rabu (12/9/2019) malam, dua rumah ludes terbakar di Desa Karangharjo Kecamatan Silo dalam satu peristiwa bersamaan.

Selain dua rumah itu, sebuah pom bensin mini, satu unit sepeda motor, dan 25 unit sepeda onthel ikut terbakar. Kebakaran itu melanda rumah Sugiman (57), dan Citra (25). Dua orang ini merupakan bapak, dan anak.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved