Puluhan Desa Potensi Konflik,Ribuan Personel TNI - Polri Diterjunkan di Pilkades Lamongan

Tiga hari lagi Pilkades serentak diselenggarakan di Lamongan Jawa Timur. Potensi konflik ditengarahi Polres Lamongan ada di sejumlah desa penyelenggar

surya/Hanif Manshuri
Penyempatan rompi satgas anti judi saat dikukuhkan Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung di pelataran polres, Senin (2/9/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Tiga hari lagi Pilkades serentak diselenggarakan di Lamongan Jawa Timur. Potensi konflik ditengarahi Polres Lamongan ada di sejumlah desa penyelenggara.

Mengantisipasi kemungkinan konflik, setidaknya ada 2000 personel gabungan TNI dan Polri akan diterjunkan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lamongan yang akan dilaksanakan Minggu (15/9/2019).

Ada puluhan desa berpotensi konflik pada pelaksanaan Pilkades serentak di Lamongan.

"Jadi itu baru berpotensi yang perlu diantisipasi," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung kepada Tribunjatim.com, Kamis (12/9/2019).

AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, seluruh personel yang akan diterjunkan tersebut terdiri dari Polres Lamongan, Kodim 0812 Lamongan serta personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Jatim dan Polres jajaran.

Kondisi Terbaru Irish Bella Pasca Pendarahan saat Hamil 24 Minggu, Ungkap Kondisi Bayi dan Penyakit

BREAKING NEWS: Dukun Kediri Tega Tiduri Bocah 5 Tahun, Korban Trauma Hebat, Pelaku Dikeler Polisi

Ramai Gerindra Siap Tumbangkan PKB & Golkar, Ketua DPC Tuban Sebut Pernyataan Gunawan Sikap Pribadi

"Personel yang kita libatkan untuk polri sekitar 1300, kita mendapat BKO dari Polda dan Polres jajaran itu sekitar 660, sedangkan dari Polres Lamongan sendiri sekitar 670, dari TNI ada sekitar 700 personil. Jadi total personel TNI dan Polri itu 2 ribu lebih," kata AKBP Feby DP Hutagalung kepada Tribunjatim.com.

Feby menjelaskan, untuk pola pengamanan di 385 desa yang melaksanakan Pilkades serentak akan berbeda-beda, tergantung situasi keamanan di masing-masing desa.

Untuk pola pengamanan bermacam-macam, ada yang satu desa 6 Polri dan 2 TNI, itu tergantung kriteria kerawanan, karena ada yang kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Yang sangat rawan itu totalnya ada 17 desa.

Sementara untuk mematangkan pengamanan Pilkades serentak, hari ini dilaksanakan sosialisasi kesiapan personel yang diikuti oleh sekitar 700 personel gabungan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas), di Pendopo Lokatanra Lamongan. (Hanif Manshuri/Tribunjatim.com)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved