Pilkades Serentak di Lamongan, Ribuan Personel Keamanan Mulai Disebar

Polres Lamongan Jawa Timur tidak ingin kecolongan terjadi kemungkinan terjelek menjelang hingga hari H pelaksanaan Pilkades serentak, Minggu (15/9/201

Pilkades Serentak di Lamongan, Ribuan Personel Keamanan Mulai Disebar
surya/Hanif Manshuri
Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung bersama Bupati Fadeli memeriksa pasukan yang diterjunkan saat diapelkan di alun - alun, Sabtu (14/9/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Polres Lamongan Jawa Timur tidak ingin kecolongan terjadi kemungkinan terjelek menjelang hingga hari H pelaksanaan Pilkades serentak, Minggu (15/9/2019).

Setidaknya itu dibuktikannya pada H-1, sebanyak 6720 personel dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Lamongan.

Sebelum diterjunkan ke lokasi, ribuaan personel keamanan melakukan apel di Alun-alun Lamongan, sebelum disebar ke 385 desa yang melaksanakan Pilkades 2019.

"Jumlah personel sebanyak itu terdiri dari dari 1330 personel polri, 770 personel TNI, 770 personel Pol PP dan 3.850 personel Linmas," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung kepada Tribunjatim.com, Sabtu (14/9/2019).

Menurut Feby, seluruh personel pengamanan Pilkades akan bertugas selama tiga hari, mulai H-1 sampai H+1 pelaksanaan Pilkades.
Polres Lamongan beserta jajaran dan instansi terkait melakukan pengamanan tempat pemungutan suara selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 14 sampai tanggal 16 September.

VIRAL Kisah Nenek Pergi ke Rumah Sakit Sendirian, 9 Anaknya Tak Menjawab Telepon saat Dihubungi

VIRAL - Video Siswa SMA Kejang-kejang saat Ngegame Online, Temannya Tolong Sambil Tetap Main Game

Rafathar Sekolah di TK Elite, Nominal Uang Jajan Anak Raffi-Nagita Jadi Sorotan, Capai Seratus Ribu?

Feby menambahkan, berdasarkan hasil mapping kerawanan TPS Pilkades serentak 2019, terdapat 17 TPS atau Desa masuk ke dalam kategori sangat rawan, 109 kategori rawan dan sisanya dalam kategori kurang rawan.

Nah, pola pengamanan yang dilakukan untuk kategori sangat rawan akan diterjunkan pola 6 Polri, 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 Linmas. Untuk Kategori rawan, 4 Polri, 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 Linmas, sementara untuk kategori kurang rawan menggunakan 2 Polri, 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 Linmas," kata AKBP Feby DP Hutagalung kepada Tribunjatim.com.

AKBP Feby DP Hutagalung menjelaskan, selain menerapkan pola pengamanan, upaya untuk meminimalisir terjadinya konflik juga dilakukan dengan melakukan pendekatan secara personal.

Ia berharap mulai hari ini semuanya masuk kedalam kategori kurang rawan, mangkanya nanti pihaknya bersama TNI dan eksekutif akan terus melakukan pemetaan dan upaya-upaya pencegahan.

"Kami mengutamakan upaya pencegahan dan pendekatan secara personal kepada para calon Kades maupun timsesnya," kata Feby.
Feby juga berharap dengan pemetaan dan upaya perencanaan yang sudah kami lakukan bersinergi dengan Pemerintah Daerah, TNI dan para tokoh masyarakat, pelaksanaan Pilkades serentak Lamongan 2019 berjalan aman, damai dan sejuk.

Ia berharap kepada para calon kepala desa agar sportif, siap menang, siap kalah dan legowo.

"Sportiflag, jadi harus siap kalah, siap menang," pungkasnya kepada Tribunjatim.com. (Hanif Manshuri/Tribunjatim.com)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved