Banyak ASN Pensiun, OPD di Trenggalek Bisa Rekrut Tenaga Penunjang

Sebanyak 423 Aparatur Sipil Negera (ASN) pensiun pada tahun ini. Sementara, rekrutmen tenaga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum terlaksana.

Banyak ASN Pensiun, OPD di Trenggalek Bisa Rekrut Tenaga Penunjang
NET
Ilustrasi ASN. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Sebanyak 423 Aparatur Sipil Negera (ASN) pensiun pada tahun ini. Sementara, rekrutmen tenaga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum terlaksana.

Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek bisa merekrut tenaga penunjang. Rekrutmen itu hanya intuk tenaga penjaga malam, tenaga kebersihan, dan sopir.

“Monggo [rekrutmen] karena itu dibutuhkan. Bisa mengangkat seizin bupati,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek Pariyo, Senin (16/9/2019).

Pariyo bilang, rekrutmen pegawai kontrak untuk lainnya tak bisa dilakukan. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48.

“Tapi kalau kantor tidak ada yang membersihkan, tidak ada yang menjaga, tidak ada sopir, jadi repot,” kata Pariyo kepada Tribunjatim.com.

Bistar Jazz Traffic 2019, Andien Kolaborasi Bareng Musisi Cerebral Palsy Asal Surabaya

Ashanty Party Tanpa Anang Ditemani Sosok Lain, Aurel sampai Penasaran Langsung Chat dari Bangkok

Lagu Terbaik & Terpopuler Chrisye: Badai Pasti Berlalu, Kisah Kasih di Sekolah hingga Aku Cinta Dia

Ia mengatakan, kebijakan rekrutmen tiga jenis tenaga bantu itu sudah tercantum lewat kebijakan bupati dalam surat edaran.

Saban tahun, jumlah ASN yang pensiun di Kabupaten Trenggalek jumlahnya berkisar di angka 300-400-an. Menurut catatan Pariyo, jumlah ASN pensiun paling banyak ada di tahun depan, yakni antara 500-600 orang.

Pemkab Trenggalek juga telah menyiapkan anggaran Rp 800 juta untuk rekrutmen CPNS tahun ini. Pariyo memprediksi, rekrutmen itu bakal digelar sekitar Oktober.

“Kepastian dari pusat sampai saat ini belum dapat. Tapi kami sudah menyiapkan langkah-langkah apabila kepastian,” ucapnya kepada Tribunjatim.com.

Pada tahun ini, Pemkab Trenggalek mengusulkan rekrutmen CPNS sebanyak jumlah yang pensiun. Rinciannya, 70 persen dari jumlah itu adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Sisanya 30 persen adalah PNS. (aflahul abidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved