Breaking News:

Kabut Asap, Pesawat Lakukan Return To Base, Wajar Dilakukan Pilot Demi Keselamatan Penerbangan

Pengaruh asap tebal mengakibatkan beberapa penerbangan dari Surabaya menuju Kalimantan terpaksa melakukan Return To Base (RTB).

Tribunjatim/kukuh kurniawan
Suasana pengembalian dana (refund) tiket pesawat di Bandara Internasional Juanda, Selasa (17/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pengaruh kabut asap tebal mengakibatkan beberapa penerbangan dari Surabaya menuju Kalimantan terpaksa melakukan Return To Base (RTB).

Berdasarkan data dari pihak Bandara Juanda yang diperoleh TribunJatim.com pada Senin (16/9/2019) kemarin, tercatat sudah ada dua penerbangan yaitu Wings Air IW 1804 Surabaya Sampit dan Nam Air IN 246 Surabaya Samarinda yang melakukan RTB.

Namun apakah anda tahu, apa yang dimaksud RTB itu sendiri.

Manajer Operasional AirNav Surabaya, Ibnu Hargianto mengatakan pesawat kembali ke bandara asal atau Return To Base (RTB) merupakan hal yang wajar dalam dunia penerbangan.

"RTB dilakukan ketika ada kondisi yang tidak memungkinkan atau darurat. Seperti jarak pandang berkurang akibat asap atau hujan, bandara tujuan mengalami kerusakan landasan, dan ada kendala teknik dari pesawat. Dan RTB wajar dilaksanakan demi keselamatan," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (17/9/2019).

43 Penerbangan Surabaya Menuju Kalimantan Terdampak Kabut Asap, Ada yang Delay hingga Return to Base

M Sanusi Resmi Dilantik Gubernur Khofifah Jadi Bupati Malang

Tutup Pintu Maaf, Nikita Mirzani Laporkan Elza Syarief Pasca Dituduh Cepu: Bertarung dengan Adil

Ia menjelaskan untuk RTB sendiri sepenuhnya dilakukan oleh pilot. Bukan perintah dari petugas pengatur lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC).

"Jadi semua ada di tangan pilot, bila memang tidak memungkinkan untuk mendarat di bandara tujuan maka pilot mengambil alternatif. Bisa mendarat di bandara asal atau mendarat di bandara terdekat (divert)," tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar penumpang tidak usah panik ketika pilot melakukan RTB.

"Tidak usah panik ketika pilot melaksanakan RTB. Karena pilot telah memiliki rencana darurat dan itu sudah diperhitungkan sebelum melakukan penerbangan," terangnya kepada Tribunjatim.com.

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved