Cegah Bantuan Sosial Salah Sasaran, Dinsos Gresik Perbaiki Data Penerima

Dinas Sosial Kabupaten Gresik melakukan perbaikan data fakir miskin dan Orang Tidak Mampu (OTM). Hal ini untuk mengurangi bantuan sosial (Bansos)

Cegah Bantuan Sosial Salah Sasaran, Dinsos Gresik Perbaiki Data Penerima
sugiyono/surya
EVALUASI - Jajaran Dinas Sosial Kabupaten Gresik menggelar rapat evaluasi penerima bantuan sosial di gedung Putri Midjil Pendopo Kabupaten Gresik, Rabu (18/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Dinas Sosial Kabupaten Gresik melakukan perbaikan data fakir miskin dan Orang Tidak Mampu (OTM). Hal ini untuk mengurangi bantuan sosial (Bansos) yang salah sasaran.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Gresik Sulyono mengatakan, data penerima bantuan di Dinas Sosial Kabupaten Gresik bernama Basis Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (BDT PFM OTM). Data tersebut digunakan sebagai dasar semua bantuan sosial.

Antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Gresik Sehat (KGS), Program Indonesia Pintar (PIP), Program Gresik Pintar (PGP) dan bantuan sosial lainnya.

Menurutnya, BDT PFM dan OTM sangat dinamis karena perubahan status sosial dan ekonomi rakyat, perpindahan penduduk, kelahiran dan kematian.

"Karena itu, data ini harus terus diupdate atau diperbarui setiap saat," kata Sulyono kepada Tribunjatim.com, Rabu (18/9/2019).

Ariel NOAH Disinggung Soal Wanita Masa Lalu, Ditanya Kini Happy?, Endingnya Deddy Corbuzier Gemas

Unjuk Rasa Tolak RUU KPK di Kota Malang Diwarnai Aksi Tabur Bunga untuk KPK, Serukan 4 Poin Ini

Foto-foto Aqiqah Anak Evi Masamba Putri Meyshyla Nur Wahid, Lihat Potret Gemas Sang Buah Hati!

Melalui sosialisasi ini ditargetkan pelaksanaan PKH di Kabupaten Gresik dapat lebih tepat sasaran dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Selanjutnya melaksanakan perbaikan data kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang sudah mampu.

"Artinya KPM PKH yang sudah mampu harus digantikan KPM lain yang berhak menerima," imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik Sentot Supriyohadi mengatakan, program pengentasan kemiskinan harus fokus dan berkelanjutan. Langkah yang dilaksanakan salah satunya dengan pemberian bantuan sosial yaitu setiap KPM PKH diarahkan untuk menerima semua bansos, sehingga mereka dapat segera mentas dari kemiskinan.

"Perubahan BDT ini paling tidak setiap 6 bulan sekali disyahkan dengan Keputusan Menteri Sosial melalui aplikasi SIKS NG (Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation, sehingga tidak ada bantuan sosial salah sasaran," kata Sentot kepada Tribunjatim.com. (Sugiyono/Tribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved