Disnakertrans Sumenep: PT Hutama Karya Energi Butuh 1500 Pekerja untuk Dikirim ke Kaltim

Mengurangi angka pengangguran, Pemkab Sumenep menggelar kerja sama dengan PT Hutama Karya Energi (HKE) untuk bantu serap tenaga kerja.

Disnakertrans Sumenep: PT Hutama Karya Energi Butuh 1500 Pekerja untuk Dikirim ke Kaltim
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDS SYAHBANA
PT Hutama Karya Energi kerjasama dengan Disnakertrans sumenep sosialisasi pemberangkatan ke Kaltim, di Kecamatan Pragaan, Sumenep. Kamis (19/9/2019). 

TRIBUNMADURA.CO, SUMENEP - Mengurangi angka pengangguran, Pemkab Sumenep menggelar kerja sama dengan PT Hutama Karya Energi (HKE) untuk bantu serap tenaga kerja.

Melalui kerja sama ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumenep membuka lowongan untuk 1500 orang pekerja ditempatkan di Kutai Kertanegara, Prov Kalimantan Timur.

"Kami sangat berterimakasih pada PT Hutama Karya Energi, karena sudah melakukan kerjasama dengan kami," kata Joko Suwarno, Sekretaris Disnakertrans Sumenep, Kamis (19/9/2019).

Disnakertrans Sumenep disebut sudah mendatangi lokasi proyek PT Hutama Karya Energi di Kalimantan Timur, dan memastikan proyek ini bisa dipertanggungjawabkan.

(Wali Kota Sutiaji: Subsektor Game dan Aplikasi Kota Malang Serap Ribuan Tenaga Kerja)

"Alhamdulillah selama 4 hari tim kami di Kaltim lokasi kerjanya layak, artinya pekerjaan itu tidak berat seperti menanam tembakau itu," paparnya.

"Pekerjaannya hanya menanam pohon untuk bahan baku dari kertas dan mebel, dan ini pertamakalinya melakukan sosualisasi dan sudah ada pendaftar kurang lebih 500 pekerja," katanya.

Prayogi SH, Dirut PT Hutama Karya Energi, Sinar Mas Group menyampaikan jika pihaknya bisa membantu pengangguran Masyarakat sumenep.

"Apa yang kita lakukan ini bisa mambantu memberikan kehidupan masyarakat sumenep, dan kenapa pilih di sumenep tenaga kerja, karena memang tipikal orangnya mayoritas penanam tembakau. Jadi sesuai spesifikasi kita menanam bibit," kata Prayogi.

Menurutnya, hak para pekerja nantinya mengikuti UMR Kalimantan Timur di angka Rp 3 Juta.

(Bursa Kerja Sampang Sepi Peminat, Pendaftar yang Lolos Malah Mengundurkan Diri, Pemkab Putar Otak)

"Hak mereka nanti gajinya sesuai UMR Kaltim Rp 2.900 ribu dan memberikan makanan, dan bahkan saat pemberangkatan dari sumenep semua administrasi kita tanggung," paparnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya jalan masuk penyerapan tenaga kerja ini akan membuat Sumenep lebih maju. Penyerapan tenaga kerja ini diharapkan mendongkrak perekonomian di Sumenep.

Halaman
12
Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved