Bupati Jember Faida Puji Pelaksanaan Pilkades Tahap III

Bupati Jember Faida mengapresiasi pelaksanaan Pilkades Jember tahap III, Kamis (19/9/2019). Sebab pelaksanaan Pilkades bisa berjalan

Bupati Jember Faida Puji Pelaksanaan Pilkades Tahap III
SURYA/SRI WAHYUNIK
Ilustrasi Pilkades Serentak yang digelar di Jember. 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bupati Jember Faida mengapresiasi pelaksanaan Pilkades Jember tahap III, Kamis (19/9/2019). Sebab pelaksanaan Pilkades bisa berjalan secara semakin baik. Pilkades tahap III digelar di 40 desa di kecamatan wilayah Jember bagian barat.

Menurut Bupati Faida, pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa itu semakin baik pelaksanaannya. Beberapa hal yang mengalami perbaikan antara lain makin sedikitnya suara tidak sah dalam pencoblosan.

Menurut Faida, panitia sekarang lebih mempunyai kepercayaan diri untuk menentukan suara sah atau tidak sah. Panitia tidak lagi ragu dalam melihat hasil coblosan.

“Kami tidak ingin ada suara sah yang tersia-siakan dalam pesta demokrasi ini,” tegas Bupati Faida.

Pelaksanaan yang lebih baik itu juga tampak dari penataan antrean pemilih. Meskipun pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 10.000, pemungutan berjalan lancar.

Ketertiban yang diwujudkan penitia ini dengan membuat jalur masuk pemilih yang sudah disesuaikan dengan dusun asal pemilih.

“Forkopimda juga meminta ada jalur khusus bagi lansia dan ibu hamil, supaya tidak ada yang jatuh pingsan,” tegasnya kepada Tribunjatim.com.

Bupati Faida merasa salut dengan para lansia, yang dengan keterbatasannya datang ke tempat pemungutan suara.

“Ini menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap demokrasi memilih pemimpin yang terbaik,” imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Tim pemantau Pilkades yang dipimpin oleh Bupati Jember memantau tujuh desa di empat kecamatan yang memiliki pemilih lebih banyak.

Sosok Dory, Penabuh Gendang Didi Kempot yang Curi Perhatian, Nangis Saat Manggung Gegara Ambyar

DAFTAR Pengakuan Imam Nahrawi Pasca Jadi Tersangka: Pamit dari Kemenpora hingga Bantah Tudingan KPK

Mahfud MD Doakan Imam Nahrawi Tegar Jalani Proses Hukum Seusai Ditetapkan Tersangka

Tujuh desa itu yakni Desa Yosorati di Kecamatan Sumberbaru; Desa Pondokdalem, Sidomekar, dan Semboro di Kecamatan Semboro. Desa Tanggul Wetan di Kecamatan Tanggul, serta Desa Bangsalsari dan Petung di Kecamatan Bangsalsari.

Selesainya Pilkades tahap III ini berarti tinggal menyisakan satu kali putaran Pilkades. Pilkades tahap IV digelar Kamis pekan depan. Desa yang menggelar Pilkades adalah desa wilayah tengah Jember, seperti desa di Kecamatan Sukorambi, Ajung, dan Panti. Secara keseluruhan ada 161 desa yang menggelar Pilkades di bulan September 2019. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved