Rutan Bangil Pasuruan Gelar Forum Grup Bahas Pasal - Pasal Dalam RUU Pemasyarakatan

Menanggapi perbedaan sudut pandang atas revisi UU Pemasyarakatan di sejumlah kalangan, mendorong Rumah Tahanan (Rutan) Bangil

Rutan Bangil Pasuruan Gelar Forum Grup Bahas Pasal - Pasal Dalam RUU Pemasyarakatan
(Surya/Galih Lintartika)
Rutan Bangil Pasuruan gelar Forum Group Discussion (FGD) 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Menanggapi perbedaan sudut pandang atas revisi UU Pemasyarakatan di sejumlah kalangan, mendorong Rumah Tahanan (Rutan) Bangil bersama Kemenkumham Jawa Timur menggelar Forum Group Discussion (FGD), Jumat (27/9/2019).

FGD ini diikuti oleh sejumlah kalangan mulai dari kalangan akademisi, praktisi hukum dan sejumlah kalangan lainnya. Acara ini digelar dengan tujuan untuk menyerap dan memberikan gambaran atas UU yang gagal disahkan tersebut.

Kepala Rutan Bangil Wahyu Indarto menjelaskan, FGD Ini membahas soal Informasi dan sosialisasi atas makna dari setiap pasal yang ada.

“Kami ingin mengetahui apa yang menjadi penolakan masyarakat. Sehingga, kami bisa memiliki gambaran dan sekaligus memberikan penjelasan atas makna setiap pasalnya,” ungkap Wahyu kepada Tribunjatim.com.

Ia menjelaskan, RUU Pemasyarakatan tersebut sebenarnya sangat diharapkannya bisa disajikan. Karena RUU tersebut bukanlah hal baru. Melainkan sebuah aturan yang sudah lama, dan beberapa kali mental untuk disahkan menjadi UU.

Namun, banyak masyarakat yang tidak memahami makna dari pasal-pasal yang ada. Dampaknya, banyak yang akhirnya melakukan penolakan. Padahal sebenarnya, aturan-aturan yang ada, sejatinya sudah dibuat namun belum dimasukkan dalam UU.

Pencuri Motor di Pasar Porong Sidoarjo Digebuki Warga, Sempat Pura-pura Sakit

Gramedia Gelar Pasar Buku 2019 di Mojokerto, Ada Buku Berkualitas Mulai Rp 10 Ribu

Mobil Pick Up Tabrak Pagar Pembatas Tol Waru Juanda, Cat Tumpah di Jalan

"Contohnya, pasal yang mengatur soal rekreasional warga binaan. Jangan dibayangkan kalau rekreasi yang dimaksuditu jalan-jalan ke mall dan lain sebagainya. Bukan itu," katanya.

Menurutnya, rekreasi yang ada di sini, adalah kegiatan yang dilakukan di Rutan Bangil. Seperti kegiatan olah raga, lomba, fashion show dan kegiatan lain, yang semuanya dilakukan di dalam Rutan.

“Jadi bukan bermain-main di luar rutan, seperti ke Mall. Tapi, kegiatan lain di dalam Rutan Bangil, yang kegiatannya di luar kebiasaan seperti bermain voli atau yang lain. Semoga FGD ini bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan,” jelasnya.(lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved