TribunWiki

TRIBUNWIKI - Simak Tips Sukses Tanam Bawang Putih di Akhir Musim Kemarau ala Ditjen Hortikultura

Menjelang berakhir musim kemarau bulan ini, para petani di lahan dataran tinggi atau berlereng biasanya giat mempersiapkan diri untuk menanam

TRIBUNWIKI - Simak Tips Sukses Tanam Bawang Putih di Akhir Musim Kemarau ala Ditjen Hortikultura
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto, mengingatkan petani, pelaku usaha dan petugas dinas pertanian di seluruh sentra produksi agar tetap waspada dan teliti sebelum menanam benih bawang putih. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menjelang berakhir musim kemarau bulan ini, para petani di lahan dataran tinggi atau berlereng biasanya giat mempersiapkan diri untuk menanam jelang musim penghujan.

Berkaca dari dari keadaan tersebut Dirjen Hortikultura menginformasikan tips-tips agar sukses menanam bawang putih.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto, mengingatkan petani, pelaku usaha dan petugas dinas pertanian di seluruh sentra produksi agar tetap waspada dan teliti sebelum menanam benih bawang putih.

"Perhatikan betul dua hal, pemilihan benih dan cara budidaya. Ini penting karena keduanya sangat menentukan berhasil tidaknya usahatani bawang putih," kata Anton, sapaan akrab Prihasto, Minggu, (29/9/2019).

AESBI Dukung Upaya Kementan dalam Mengembangkan Kawasan Buah yang Berorientasi Ekspor

Tentang benih, lanjut Anton, pegang dan terapkan prinsip LADORFISIO yaitu Label benih harus benar, umur benih sudah pecah Dormansi, Fisik benih sesuai varietas lokal, benih bukan berbentuk Siung pipilan, serta pastikan bukan benih Oplosan.

Soal ukuran umbi benih yang kecil-kecil, kata Anton, bukan berarti tidak berkualitas.

Dikatakannya, selama Ladorfisio nya berjalan dengan baik, benih yang umbi atau siungnya kecil-kecil tersebut masih bisa ditanam dan menghasilkan umbi yang besar.

Namun dalam menanam benih bawang putih yang siungnya kecil-kecil untuk menghasilkan umbi bawang putih yang besar tentu ada syaratnya. Anton yang juga dikenal sebagai peneliti ini memberi tips menghasilkan umbi yang berukuran besar.

Berikut 8 tips menanam bawang putih yang benar.

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved