Pria Ini Kelabui Polisi Jember Sembunyikan Sabu Senilai Rp 280 Juta di Mesin Motor, Diciduk di Jalan

Pria Ini Kelabui Polisi Jember Sembunyikan Sabu Senilai Rp 280 Juta di Mesin Motor, Diciduk di Jalan.

Pria Ini Kelabui Polisi Jember Sembunyikan Sabu Senilai Rp 280 Juta di Mesin Motor, Diciduk di Jalan
SURYA/SRI WAHYUNIK
Polres Jember Ungkap SS Senilai Lebih dari Rp 200 juta 

Pria Ini Kelabui Polisi Jember Sembunyikan Sabu Senilai Rp 280 Juta di Mesin Motor, Diciduk di Jalan

TRIBUNJEMBER.COM, JEMBER - Polisi Jember menyita sabu-sabu (SS) dalam jumlah besar di wilayah kerja Polres Jember.

Sabu-sabu yang disita seberat 2 ons, atau 200 gram, atau dari hitungan sekira Rp 280 juta.

Sabu-sabu ini disita dari tangan Misnadin (36), warga Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan.

Polisi menangkap Misnadin di Jl Raya Bangsalsari Kecamatan Bangsalsari, Jember, beberapa hari lalu. Misnadin alias Din merupakan kurir sabu-sabu.

Ribuan Petani Jember Demo Depan Kantor Pemkab, Tolak RUU Pertanahan dan Tuntut GTRA Segera Dibentuk

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Jember Imbau Warga Kibarkan Bendera Merah Putih

Kafilah MTQ Jember Digembleng Hadapi MTQ XVIII Provinsi Jatim

Lelaki itu sudah tiga kali mengantarkan SS ke Kabupaten Jember. Pertama, dia mengantarkan SS seberat 10 gram, kedua kembali mengantarkan seberat 10 gram.

"Dalam pengiriman pertama dan kedua, masing-masing seberat 10 gram, dan tersangka M ini mendapatkan komisi sebanyak masing-masing Rp 500 ribu. Ketiga, inilah dia mengantar dalam jumlah terbilang besar yakni 200 gram atau 2 ons, dan komisinya Rp 10 juta," ujar Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal dalam rilis kepada awak media di Mapolres Jember, Senin (30/9/2019).

Din merupakan seseorang yang sudah dijadikan target operasi oleh polisi. Sebab dalam penelusuran polisi, nama Din beberapa kali muncul. Lelaki itu diduga kuat sebagai pengedar alias kurir. Dia mengedarkan SS yang diambilnya dari seseorang di sebuah kabupaten di Pulau Madura.

Saat mengirim SS yang ketiga kalinya, polisi mengendus peredaran tersebut. Polisi membekuk Din di Jalan Raya Bangsalsari. Polisi menemukan SS itu disimpan di sela-sela mesin sepeda motor yang dikendarainya. SS dibungkus dalam sebuah kantong plastik.

"Dari pemeriksaan, dia mengaku mendapatkan barang dari seseorang di sebuah kabupaten di Pulau Madura. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres setempat," imbuh Alfian.

Dari catatan polisi, pengungkapan SS seberat 200 gram ini merupakan pengungkapan dalam jumlah terbesar di Mapolres Jember.

"Ya ini memang terbilang besar jumlahnya di Polres Jember. Karenanya, saya ajak semua pihak untuk ikut memerangi peredaran narkoba di Kabupaten Jember. Tokoh ulama, para pendidik juga pihak Dinas Pendidikan, tokoh masyarakat, semuanya elemen masyarakat, mari bersama ikut memerangi narkoba. Sama-sama sosialisasi bahayanya narkoba," tegas Alfian.

Polisi menjerat Din memakai Pasal 114 ayat 2, subsider Pasal 112 ayat 2 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara, minimal 6 tahun penjara.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved