Kenakan Baju, Siswa SMA di Kabupaten Mojokerto Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Satu Bangsal, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, mengikuti Upacara

Kenakan Baju, Siswa SMA di Kabupaten Mojokerto Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Febrianto/Tribunjatim
Sejumlah siswa siswi sman 1 bangsal kabupaten mojokerto mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah dalam upacara kesaktian pancasila Selasa (1/10/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Satu Bangsal, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, mengikuti Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019).

Dengan mengenakan jas almamater warna biru, mereka sudah berbaris rapi pada pukul 07.00 Wib di Halaman Sekolah SMA Negeri Satu Bangsal.

Di depan barisan ratusan siswa, terdapat 7 foto Pahlawan Revolusi Indonesia yang telah gugur oleh Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia.

Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima, didapuk menjadi inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019 yang digelar rutin tiap tahunnya.

Dalam upacara tersebut, beberapa siswa berjalan mengelilingi halaman sekolah dengan membawa Lambang NKRI, Burung Garuda,bendera merah putih dan berpakaian baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepada Surya.co.id, Letkol Kav Hermawan Weharima, mengajak generasi muda agar tidak melupakan sejarah yang pernah terjadi di Indonesia.

BREAKING NEWS, Satresnarkoba Polres Kediri Gerebek Pabrik Pil Koplo, Ada Ribuan Pil Koplo Siap Edar

Kasus Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua, Istri SA Ajukan Praperadilan, Wong Suami Saya Bertugas

Status Terbaru Laudya Cynthia Bella Pasca Isu Masalah Rumah Tangga Beredar, Selamatkan Keluargamu

"Ini merupakan salah satu cara untuk mengingatkan generasi muda tentang pemberontakan G30 S PKI. Mereka harus tahu bagaimana peristiwa itu terjadi karena merupakan tragedi nasional. Bagaimana Pancasila ditolak dan dirusak oleh berbagai ancaman. Tapi ancaman itu tidak bisa merubah Pancasila," ujarnya kepada Tribunjatim.com, Selasa (1/10/2019).

Melalui kegiatan tersebut, Letkol Kav Hermawan Weharima, berharap, generasi muda harus mengetahui semua ejarah tentang perjuangan Pahlawan Bangsa Indonesia.

"Para pelajar dan generasi muda inilah yang akan meneruskan perjuangan pahlawan bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus jangan sampai mengkhianati Pancasila," tegasnya kepada Tribunjatim.com.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bangsal, Sugiono, mengatakan, kegiatan upacara kesaktian pancasila merupakan cara sekolah untuk mengimplementasikan nilai nilai luhur pancasila.

"Kami mengajak para siswa untuk membumikan pancasila di SMAN 1 Bangsal. Jadi para siswa harus bisa menerapkan dan mengimplementasikan nilai nilai pancasila baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah," ujarnya Selasa (1/10/2019). (Febrianto/Tribunjatim.com)

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved