Peringati Hari Nasional Taiwan, Janji Memperat Kerjasama Taiwan - Indonesia

TETO Surabaya memperingati Hari Nasional Taiwan 2019, Selasa (8/10/2019) malam di JW Marriott Surabaya.

Peringati Hari Nasional Taiwan, Janji Memperat Kerjasama Taiwan - Indonesia
istimewa
Director General TETO Surabaya Benson Lin. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - TETO Surabaya memperingati Hari Nasional Taiwan 2019, Selasa (8/10/2019) malam di JW Marriott Surabaya.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan pemerintah Jawa Timur, Kota Surabaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Bali, DPRD, Universitas, rekan-rekan konsulat, kompatriat overseas Chinese dan juga para pengusaha Indonesia.

Acara ini dibuka dengan menyanyikan dua lagu kebangsaan Taiwan dan Indonesia. Director General TETO Surabaya Benson Lin menjelaskan, Taiwan dan Indonesia sudah memiliki hubungan yang erat sejak lama.

Tahun 2018, jumlah investasi Taiwan di Indonesia mencapai 17,8 Milyar USD, hubungan bilateral perdagangan mencapai 8,8 Milyar USD. Taiwan merupakan negara investor asing terbesar ke 18 bagi Indonesia, sedangkan Indonesia merupakan negara rekan perdagangan terbesar ke-14 bagi Taiwan.

"Kami sangat berharap bahwa kedua negara dapat semakin memperkuat hubungan kerjasama dalam berbagai bidang, serta bersama-sama menciptakan masa depan yang saling menguntungkan," katanya.

Kompatriat overseas Chinese Surabaya Mr. Lin Zhao-Chuan, menjelaskan, kebebasan dan demokrasi yang dijunjung Taiwan adalah nilai universal. Di samping itu, kata dia, setiap overseas Chinese akan mendukung pemerintah Taiwan untuk memperluas ruang diplomatik Taiwan di kancah internasional.

Ia menjelaskan, New Southbound Policy bertumpu pada sistem humanisme dalam pelaksanaannya , termasuk didalamnya kemajuan kerjasama di bidang pertanian, pariwisata, pendidikan, dan tenaga kerja asing yang mencerminkan hubungan Taiwan dan Indonesia yang semakin erat.

Acara ini juga diiringi dengan lagu-lagu klasik Taiwan. Ada juga ada booth Pariwisata Taiwan, Taiwan Education Center yang memberikan informasi tentang sistem pendidikan Taiwan serta video singkat tentang Taiwan dengan tema “Brave and Confident: One with the World”.

Merokok Saat Berkendara Bisa Diancam Denda Rp 750 Ribu, Ini Pasalnya

Kompak Edarkan Sabu, Dua Pria Sampang Ini Dibekuk Polisi di Rumahnya Saat Tunggu Pembeli

Sekadar diketahui, hasil evaluasi tahun 2018 oleh WEF Swiss mengenai Daya Saing Negara di seluruh dunia, Taiwan menempati peringkat ke 13, dan menempati peringkat ke-4 di Asia Pasifik.

Taiwan dinobatkan sebagai salah satu dari empat negara Super Innovations, selain negara Jerman, Amerika dan Swiss. Selain itu, dalam hal kestabilan ekonomi, Taiwan mendapatkan peringkat pertama dunia.

Pada tahun 2018, hubungan bilateral perdagangan antara Taiwan dan negara-negara yang termasuk dalam “Kebijakan Baru Menuju Selatan” mencapai 117,1 Milyar USD, meningkat 22% dibandingkan dengan tahun 2016.

Di periode yang sama, jumlah investasi negara-negara “Kebijakan Baru Menuju Selatan” ke Taiwan, dan jumlah warga negara tersebut yang berkunjung ke Taiwan untuk mendapatkan pengobatan medikal premium serta jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taiwan juga meningkat 60%. (lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved