Tim EPT Petakan Sistem Kelistrikan, Piko Hidro Jadi Solusi yang Mampu Menerangi Papua

Tim EPT Petakan Sistem Kelistrikan, Piko Hidro Jadi Solusi yang Mampu Menerangi Papua.

Tim EPT Petakan Sistem Kelistrikan, Piko Hidro Jadi Solusi yang Mampu Menerangi Papua
istimewa
Piko Hydro 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Dibandingkan 32 provinsi lain yang ada di Indonesia, rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat masih tertinggal.

Sesuai data yang dipaparkan Direktur Bina Program Kelistrikan KESDM Jisman S, untuk mencapai Rasio Desa Berlistrik (RDB) 100% di  Provinsi Papua dan Papua Barat pada 2020 nanti, masih ada 414 desa dengan 78.000 rumah yang harus dilistriki. 

Berdasarkan data Kementrian ESDM, Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Provinsi Papua dan Papua Barat saat ini adalah 98,3%, yang dicapai melalui kontribusi PLN (48,5%), program LTSHE (Lampu Tenaga Surya Hemat Energi) dari Kementrian ESDM dan listrik swadaya inisiatif pemda-pemda setempat.

Tahun 2020 PLN Fokus Listriki 78.000 Rumah di Papua

PLN Berupaya Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Provinsi Papua dan Papua Barat

Warga Jabon Relakan Pohon Mangganya yang Sedang Berbuah Dipangkas PLN

Sementara tingkat RE nasional PLN yang mencapai 98,86%.

PLN berencana mengakhiri kegelapan malam di Papua dengan melistriki 1.724 desa di sana. Dengan demikian, target besarnya pada akhir 2020 rasio elektrifikasi nasional mencapai 99,9%.

Untuk mewujudkan rencana besar tersebut, langkah awal yang diperlukan adalah merancang survei untuk memetakan system kelistrikan yang tepat untuk pedesaan Papua yang memiliki bentang alam yang sangat beragam.

Salah satu langkah ambisius yang ditempuh adalah menggandeng kelompok mahasiswa pencinta alam (Mapala) dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Cendrawasih, LAPAN dan TNI AD.

Berbagai institusi tersebut dipersatukan ke dalam tim Ekspedisi Papua Terang (EPT).

Terobosan PLN tersebut rupanya berbuah  gemilang. Dari target survey 415 desa, tim EPT mampu memetakan system kelistrikan yang akan dibangun di 841 desa di Papua dan Papua Barat.

Kisah Putera Papua Pertama Kali Menjejak Pedalaman

Halaman
1234
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved