Diduga Mengalami Gangguan Jiwa, Seorang Anak Nekat Bongkar Makam Ibunya

Kapolsek menjelaskan, Desa Batur Kecamatan Gading dan Desa Kedungsumur Kecamatan, Kabupaten probolinggo Pakuniran ini memang lokasinya berdekatan.

Diduga Mengalami Gangguan Jiwa, Seorang Anak Nekat Bongkar Makam Ibunya
istimewa
Unsur 3 pilar saat koordinasi dengan pihak keluarga. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Memiliki rasa kangen kepada orang tua memang sah - sah saja. Tapi, kalau rasa kangen itu berlebihan jadi kurang sah. Apalagi, kalau orang tuanya sudah meninggal dunia dan sampai nekat membongkar makamnya.

Itu yang dilakukan Nasir. Pria berusia 45 tahun ini nekat membongkar makam ibunya yang baru saja dimakamkan kurang lebih 40 hari yang lalu. Perkiraan, hari ini tepat 40 harinya ibunda Nasir, Sumarto meninggal dunia di usianya yang ke-70 karena sakit.

Kapolsek Pakuniran Iptu Haby Sutoko mengatakan, yang bersangkutan, Nasir ini mengalami gangguan jiwa sejak kecil. Anak ketiga dari Sumarto ini mengalami gangguan jiwa dengan kategori yang cukup berat.

"Dari hasil koordinasi dengan unsur tiga pilar dan keluarga, Nasir ini memang mengalami gangguan jiwa berat dan itu sudah lama. Jadi, menjadi maklum karena yang bersangkutan agak terganggu pikirannya," kata Kapolsek, Selasa (15/10/2019).

Kapolsek menjelaskan, pihaknya sudah menyarankan Nasir untuk dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Saat ini, pihak pemerintah desa sedang berupaya untuk membujuk Nasir agar mau dirawat di RSJ.

Haby, sapaan akrab Kapolsek mengatakan, motif Nasir membongkar makam ibunya ini karena yang bersangkutan kangen. Nasir kangen bercerita dan kumpul dengan ibunya.

"Makanya Nasir nekat membongkar makamnya. Jasadnya dibawa ke rumah. Itu untuk mengobati rasa kangennya kepada ibunya. Tapi, jasad ibunya sudah dimakamkan kembali dan kondisi Kamtibmas tetap aman, damai, tentram dan terkendali," urainya kepada Tribunjatim.com.

Dia menjelaskan, ibu Nasir ini dimakamkan di Desa Kedungsumur, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. Setelah dibongkar, jasad ibunya dibawa pulang ke rumahnya di Dusun Tanah merah Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Cerita Warga Probolinggo Bongkar Makam dan Bawa Pulang Jenazah Ibunya, Viral di Medsos

Kepergok Curi Motor, Maling di Pasar Balongsari Surabaya Babak Belur Dihajar Warga

Tangis Nikita Mirzani Langsung Pecah Saat Alvin Adam Beri Pertanyaan Menohok Soal Orang Tuanya

Kapolsek menjelaskan, Desa Batur Kecamatan Gading dan Desa Kedungsumur Kecamatan, Kabupaten probolinggo  Pakuniran ini memang lokasinya berdekatan. Apalagi makamnya ibunda Nasir ada di kawasan hutan. Kedua desa beda kecamatan ini hanya dipisahkan sungai.

"Nasir membawa jasad ibunya ini menggunakan karung. Ia membopong karung berisikan jasad ibunya melewati sungai dan sawah - sawah. Setelah sampai di rumah, Nasir tidak bercerita ke siapa - siapa termasuk ke saudara kandungnya," tambah dia.

Menurut Kapolsek, tak lama, Sul, kakak kedua Nasir mengetahui perbuatan adiknya ini. Sul ini marah ke Nasir. Tapi, setelah sadar adiknya ini sedikit mengalami gangguan, Sul akhirnya mengecilkan suaranya.

Sul lantas membujuk adiknya ini. Ia membujuk agar adiknya mengembalikan jasad ibunya ke kuburan. Dengan segala cara dan rayuan, Nasir akhirnya menuruti kemauan Sul.

"Meski dituruti, Nasir sempat bercerita ke Sul kalau Nasir kangen ke ibunya dan ingin menyandingkan makam ayahnya dan ibunya di satu pemakaman. Makam ayahnya ada di Batur, dan ibunya ada di Kedungsumur," ungkanya.

Kapolsek menjelaskan, kejadian ini viral saat proses penguburan kembali jasad ibunya ke makam, ada warga yang merekam. Dan video rekaman itu viral sehingga menjadi perbincangan warganet.

"Kami himbau kepada siapa saja agar tidak menyebarkan video tersebut. Kini, Nasir dalam pemantauan dan pengawasan ketat kami. Polisi, TNI, Pemerintah Desa dan warga akan menjaga Nasir agar tidak melakukan hal negatif lainnya," pungkas dia. (lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved