Dorong Peningkatan Kualitas Produk, Khofifah Pertemukan IKM dan UKM Jatim dengan Pembeli Luar Negeri

Melalui pertemuan tersebut, produk IKM dan UKM Jawa Timur, terutama kerajinan tangan (handycraft) bisa dinilai kelayakan dan standarnya.

Dorong Peningkatan Kualitas Produk, Khofifah Pertemukan IKM dan UKM Jatim dengan Pembeli Luar Negeri
SURYA/ARDIANO
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (paling kanan), Ketua HIPPI Jawa Timur, Sri Rejeki (dua dari kanan) saat berbincang bersama salah satu perwakilan rumah kriya ternama di Paris, Amine Trabelsi (dua dari kiri, kacamata) pemilik Ithemba Design Ethic, di acara Pelatihan Peningkatan Kualitas Desain dan Pemasaran Produk Bagi UMKM untuk anggota HIPPI, di Hotel Ibis, Jalan Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Selasa (14/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hadiri Pelatihan Peningkatan Kualitas Desain & Pemasaran Produk UMKM Bagi Anggota HIPPI, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mempertemukan para pelaku IKM dan UKM Jawa Timur dengan salah satu perwakilan rumah kriya ternama di Paris, Ithemba Design Ethik.

Dikatakan Khofifah Indar Parawansa, melalui pertemuan tersebut, produk IKM dan UKM Jawa Timur, terutama kerajinan tangan (handycraft) bisa dinilai kelayakan dan standarnya sesuai kualifikasi pasar internasional.

“Perwakilan Ithemba ini mendapat kepercayaan wali kota Paris untuk menemukan dan mengenali produk yang bisa dipasarkan di outletnya, baik di Paris atau cabangnya di sembilan negara. Jadi dari pertemuan ini, kita bisa tahu produk IKM dan UKM kita yang belum, atau yang sudah memenuhi standar kualitas pasar luar negeri, terutama pasar Eropa," kata Khofifah Indar Parawansa saat membuka pelatihan Peningkatan Kualitas Desain dan Pemasaran Produk Bagi UMKM di Hotel Ibis Surabaya, Senin (14/10/2019) sore.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, perwakilan dari Ithemba Design Ethik akan menilai mana yang sudah memenuhi standar.

Merajut Kebersamaan dan Kerukunan Melalui Pincuk Tumpeng Sewu Banyuwangi

Pemprov Jatim Ajarkan Anggota HIPPI Buat Minuman Sari Jeruk, Mulai Proses Produksi hingga Pengemasan

Untuk kerajinan yang belum memenuhi standar, maka perwakilan dari Ithemba Design Ethik akan mendampingi untuk meningkatkan kualitas IKM dan UKM Jawa Timur.

Untuk itu, Khofifah Indar Parawansa berharap, pertemuan ini bisa menjawab permasalahan pelaku IKM dan UKM terkait kualitas produk, desain, dan pemasarannya.

Terlebih menurut Khofifah Indar Parawansa, sangat penting bagi pelaku IKM dan UKM untuk bisa mengukur tren dan standar kebutuhan pasar.

“Jadi produk UKM dan IKM kita sebaiknya diidentifikasi oleh Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) sebagai salah satu asosiasi pelaku UMKM Jatim. Apakah klasifikasinya masuk ke pasar lokal, global ataukah internasional. Karena kebutuhan standar dan kualitasnya juga berbeda,” tambahnya

Untuk bisa masuk pasar nasional dan menembus pasar internasional, kata Khofifah Indar Parawansa, suatu produk harus memperhatikan sisi kualitas, kontinuitas, dan kuantitasnya.

Selain itu, aspek kualitas kontrol dan tren pasar juga harus diperhatikan.

Merajut Rezeki dari Boneka Amigurumi Khas Negeri Sakura di Kota Malang

Demi Tingkatkan SDM UKM di Pedesan, PKM Unesa Gelar Pendampingan UKM Jamu Herbal di Pasuruan

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved