Pemprov Jatim Ajarkan Anggota HIPPI Buat Minuman Sari Jeruk, Mulai Proses Produksi hingga Pengemasan

Sri Rejeki mengatakan, adanya acara ini karena pihaknya digandeng oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur.

Pemprov Jatim Ajarkan Anggota HIPPI Buat Minuman Sari Jeruk, Mulai Proses Produksi hingga Pengemasan
SURYA/ARDIANO
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (paling kanan), Ketua HIPPI Jawa Timur, Sri Rejeki (dua dari kanan) saat berbincang bersama salah satu perwakilan rumah kriya ternama di Paris, Amine Trabelsi (dua dari kiri, kacamata) pemilik Ithemba Design Ethic, di acara Pelatihan Peningkatan Kualitas Desain dan Pemasaran Produk Bagi UMKM untuk anggota HIPPI, di Hotel Ibis, Jalan Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Selasa (14/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas Desain & Pemasaran Produk Bagi UMKM, untuk anggota Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) di Hotel Ibis, Jalan Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Selasa (14/10/2019).

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Ketua HIPPI Jawa Timur, Sri Rejeki; Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi; Kepala UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Jawa Timur, Imam Sutrisno; serta Kepala Dinas Disperindag Jawa Timur, Drajat Irawan.

Dalam sambutannya, Sri Rejeki mengatakan, adanya acara ini karena pihaknya digandeng oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur.

Kisah Sukses UMKM Sandal Lucu Sancu Malang, Mulanya Menyasar Anak-anak Malah Disukai Orang Dewasa

Demi Tingkatkan SDM UKM di Pedesan, PKM Unesa Gelar Pendampingan UKM Jamu Herbal di Pasuruan

"Kita digandeng oleh Dinas Koperasi Jatim, karena kita tidak punyak anggaran. Untuk itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur menggandeng kami untuk menggelar pelatihan ini, untuk anggarannya dengan menggunakan anggaran dinas koperasi, yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK)," kata Sri Rejeki saat sambutan, Senin (14/10/2019).

Diikuti 100 peserta, acara tersebut akan dihelat selama 4 hari, yaitu mulai Senin (14/10/2019) hingga Kamis (17/10/2019).

"Acara ini diikuti peserta keanggotaan pelaku usaha dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI)," ujarnya

100 peserta tersebut terdiri dari 9 kota/kabupaten se-Jawa Timur, di antaranya Madiun, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Lumajang.

Mereka akan mendapatkan pelatihan khusus membuat minuman sari jeruk, mulai dari proses produksi, pengemasan dengan desain yang baik, hingga menjadi produk yang siap jual.

Merajut Rezeki dari Boneka Amigurumi Khas Negeri Sakura di Kota Malang

Jadi Distributor Usaha Souvenir Sablon Gelas, Hadi Wiyono Raup Ratusan Juta Rupiah Tiap Bulan

Sri Rejeki mengatakan, tak hanya mengajari membuat minuman sari jeruk, pelatihan ini juga mengajarkan peserta berjualan via online.

Satu di antaranya menggunakan 'Aci Lapak'.

'Aci Lapak' merupakan e-commerce yang akan dibuat oleh HIPPI Jawa Timur.

"Dengan menggunakan Aci Lapak, maka penjualan produk-produk UKM akan lebih praktis, jadi mohon doanya kepada seluruh pihak, mulai dari para pelaku usaha dan para instansi dinas-dinas terkait agar Aci Lapak segara hadir," tambahnya.

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved