Gunung Ranti di Perbatasan Banyuwangi-Bondowoso Terbakar, Taman Wisata Kawah Ijen Ditutup

Gunung Ranti yang berada di perbatasan wilayah Bondowoso dan Banyuwangi, mengalami kebakaran, sejak Sabtu (19/10).

Gunung Ranti di Perbatasan Banyuwangi-Bondowoso Terbakar, Taman Wisata Kawah Ijen Ditutup
ISTIMEWA
Gunung Ranti yang berada di perbatasan wilayah Bondowoso dan Banyuwangi, mengalami kebakaran, sejak Sabtu (19/10). Akibatnya Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen ditutup. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gunung Ranti yang berada di perbatasan wilayah Bondowoso dan Banyuwangi, mengalami kebakaran, sejak Sabtu (19/10/2019). Akibatnya Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen ditutup.

Hingga Minggu (20/10) jalur pendakian menuju Ijen ditutup.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, mengatakan, berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, sumber api berasal dari Wilayah administrasi Bondowoso.

"Wilayah itu sering terjadi pembukaan lahan dengan cara dibakar, sehingga merambat sampai ke Wilayah administrasi Banyuwangi," kata Muharam.

Munculnya Titik Api Baru, BPBD Jatim Gunakan Water Bombing untuk Padamkan Kebakaran Gunung Arjuno

BPBD Jatim Sebut Kebakaran di Gunung Semeru Belum Butuh Penanganan Via Udara, Beda dengan Arjuno

Pihak BPBD Banyuwangi telah koordinasi dengan Perhutani KPH Banyuwangi Barat untuk melakukan sejumlah penanganan sehingga kebakaran hutan di Gunung Ranti tidak meluas.

Eka mengatakan, BPBD juga menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk membantu Perhutani sekaligus melakukan asessment dampak dari kebakaran hutan.

Menurutnya sekitar 10 hektare lahan di Gunung Ranti yang terbakar.

"Itu bisa lebih karena ada beberapa spot titik api," kata Eka.

Pihak kepolisian juga mengevakuasi masyarakat dan wisatawan di sekitar Kawah Ijen. Pengunjung yang datang dihentikan di kawasan Gentasan atau sekitar 10 kilometer dari Paltuding Kawah Ijen.

"Kami mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan, yang akan melakukan pendakian untuk kembali sementara," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik.

Penulis: Haorrahman
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved