Hadapi Pilkada Serentak, PDIP Sudah Lakukan Pemetaan & Bagi Jatim 3 Cluster

Hadapi Pilkada Serentak, PDIP Sudah Lakukan Pemetaan & Bagi Jatim 3 Cluster

Hadapi Pilkada Serentak, PDIP Sudah Lakukan Pemetaan & Bagi Jatim 3 Cluster
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Istigosah dan Doa Lintas Agama Tasyakuran Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jokowi-Maruf di Kantor DPD PDIP Jatim, Minggu (20/10/2019) 

Hadapi Pilkada Serentak, PDIP Sudah Lakukan Pemetaan & Bagi Jatim 3 Cluster

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menjelang pilkada serentak pada 2020 mendatang DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jatim mulai mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan seperti pada pilpres dan pileg 2019.

Di Jatim sendiri sebanyak 19 Kabupaten/Kota akan mengalami pesta demokrasi dalam menentukan siapa yang akan menjadi bupati/wali kota di daerah itu.

"Kita melakukan pemetaan wilayah di 19 Kabupaten/kota. Dari hasil pemetaan itu kemudian kita sudah meng-cluster," jelas Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi saat ditemui di sela acara Istighosah Tasyakuran Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden RI 2019-2024 di Kantor DPD PDIP Jatim Jalan Kendangsari, Surabaya, Minggu (20/10/2019).

Kusnadi Menjelaskan PDIP telah memetakan cluster menjadi tiga.

Cluster pertama yakni cluster yang sangat memungkinkan untuk meraih kemenangan.

Cluster yang kedua yakni cluster yang masih memiliki presentase kemenangan yang masih tinggi namun masih harus bekerja lebih keras untuk meraih kemenangan.

Kemudian untuk cluster ketiga dirinya menyebutkan bahwa daerah yang memiliki prosentase peluang kemenangan di bawah 50 persen. Sehingga memerlukan ikhtiar yang lebih baik lagi untuk meraih kemenangan.

Untuk itu pihak DPD Jatim saat ini tengah memetakan 19 daerah di Jatim untuk menentukan siapa calon terbaik dari setiap daerah yang nantinya hasil pemetaan itu akan diserahkan ke DPP untuk menentukan calon potensial dalam memenangkan pilkada.

"DPP hanya akan menerima secara kelembagaan hasil pemetaan wilayah yang kami lakukan dan bisa dipertanggungjawabkan," Katanya

"Paling cepat rekomendasi akan keluar bulan Desember, dasarnya apa? ya pemetaan yang kami lakukan dan itu sepenuhnya berada di bawah komando DPD," tambahnya.

Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved