20 Siswa Schülercamp Indonesia, Putar Perdana Film Bertema UmWelten di Wisma Jerman Surabaya

Bertempat di Ruang Halle, Wisma Jerman Surabaya, proyek film bertema UmWelten yang dibuat oleh 20 siswa Perkemahan Pelajar (Schülercamp),

20 Siswa Schülercamp Indonesia, Putar Perdana Film Bertema UmWelten di Wisma Jerman Surabaya
hefty Suud/Tribunjatim.com
Sambutan dari pimpinan Glocal Films London, Kerstin Rickermann (kanan) Silke Beller (kiri) sebelum pemutaran film UmWelten di Wisma Jerman Surabaya, Senin (21/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bertempat di Ruang Halle, Wisma Jerman Surabaya, proyek film bertema UmWelten yang dibuat oleh 20 siswa Perkemahan Pelajar (Schülercamp), untuk pertama kalinya ditayangkan, Senin (21/10/2019).

20 siswa tersebut berasal dari sekolah-sekolah di Indonesia yang menjadi bagian dari program Kementrian Jerman, yaitu mitra menyusun masa depan (PASCH). Antara lain Ambon, Bandung, Manado, Samarinda, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dalam perkemahan pelajar yang diadakan oleh Goethe Institute itu, para siswa terpilih mengikuti workshop membuat narasi film, meliput film di lapangan, mewawancarai narasumber serta mengedit film secara mandiri.

"Malam ini, dua film yang diputar ini merupakan hasil dari apa yang sudah mereka pelajari di Schülercamp," papar Kerstin Rickermann, salah satu pimpinan Glocal Films London.

Kebakaran Gunung Arjuno Masih Sulit Dipadamkan, Khofifah Minta Pesantren Jatim Salat Istisqo

Gadis 14 Tahun di Surabaya Dirudapaksa Empat Pria, Pelaku Paling Tua Kabur

Glocal Films London adalah pengajar dalam workshop yang sudah berlangsung sejak Selasa (15/10/2019) lalu.

Perwakilan dari Goethe Institute, Larissa Pangestian Harahap menjelaskan UmWelten merupakan singkatan dari kata
Umwelt yang berarti lingkungan dan Um die Welt, artinya keliling dunia.

"Jadi melalui proyek ini, kami ingin mengajak seluruh siswa PASCH di seluruh dunia untuk mengampanyekan tentang lingkungan. Indonesia menjadi salah satunya," jelas Larissa.

Peserta PASCH di selurub dunia, imbuhnya, ada sekitar 20 ribu. Selain di Indonesia, proyek UmWelten itu juga dilaksanakan di Pakisstan, Uzbekistan, dan dua minggu lagi di Australia.

"Proyek film bertema lingkungan ini sudah kami mulai sejak tahun lalu. Sebab, persoalan lingkungan ini menjadi topik yang penting dibahas dan diketahui oleh seluruh dunia, terutama generasi muda," imbuh Kerstin.

Diluar helatan pemutaran film tersebut, karya-karya dalam proyek UmWelten dari Indonesia dan dunia, dapat ditonton melalui youtube Glocal Film - UmWelten.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved