Pilbup Gresik 2020, Calon Independen Tunggu Mekanisme KPU

Baru ada satu calon Bupati Gresik dari jalur independen yang benar-benar siap maju. Saat ini pihaknya sedang menunggu seperti apa mekanisme dari KPU

Pilbup Gresik 2020, Calon Independen Tunggu Mekanisme KPU
istimewa
Sueb Abdullah siap maju Pilbup Gresik 2020 melalui jalur independen 

TRIBUNJATIM.COM,GRESIK - Baru ada satu calon Bupati Gresik dari jalur independen yang benar-benar siap maju. Saat ini pihaknya sedang menunggu seperti apa mekanisme dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sueb Abdullah, calon independen mengaku menunggu seperti apa mekanisme pencalonan dari KPU melalui jalur independen. Beberapa waktu lalu, dia mendatangi kantor KPUD Gresik untuk menanyakan hal itu.

"Bisa dibilang wait and see seperti apa mekanismenya. Teman-teman menunggu itu, kalau mekanisme KPU Jatim dan KPUD Gresik beda bagaimana. Mengisi formnya itu seperti apa kan belum tahu," kata Sueb kepada Surya, Sabtu (26/10/2019).

Waktu pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada bulan Desember atau sekitar kurang dari dua bulan lagi. Sebab, pihaknya harus segera melakukan persiapan. Jika mekanisme tersebut tak kunjung jelas maka dikhawatirkan dapat mengganggu pencalonannya.

"Pendukung saya malah mau mendatangi KPU menanyakan itu. Tapi saya tahan dulu lebih baik kita tunggu," kata pria yang berprofesi sebagai pengusaha itu.

Mantan Ketua DPRD Gresik Ahmad Nadir Kembalikan Formulir ke Partai Nasdem, Harapannya ini

Rayakan 30 Tahun Berkiprah, Polygon Bikes Gelar Bike Fest 2019, Datangkan 3 Tokoh Sepeda Inspiratif

La Nyalla: Saya Menarik Diri, Bukan Mundur

Disinggung mengenai pengumpulan e-KTP. Pihaknya tidak khawatir. Pria asli Sidayu ini mengklaim sudah mendapatkan dukungan sebanyak 200 ribu KTP yang sudah siap. Mereka tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Gresik.

"Sudah lebih dari cukup," ucapnya kepada Tribunjatim.com.

Sementara itu, Komisioner KPUD Gresik, Makmun mengatakan hingga saat ini baru ada satu calon yang maju melalui jalur independen. Nah, terkait mekanisme adalah 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Jumlah DPT di Gresik sebanyak 927.045. Maka calon yang maju melalui jalur independen harus menyiapkan sekitar 70 e-KTP.

"Fotokopi e-KTP dan itu harus tersebar, jadi tidak hanya di satu kecamatan saja dan ada tanda tangan nanti akan kita kroscek," kata Makmun kepada Tribunjatim.com.

Penyebaran syarat minimal dukungan itu minimal tersebar di 10 kecamatan dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik. Terkait pendaftaran rencananya akan dibuka pada Desember 2019. (wili/Tribunjatim.com)

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved