Semua Kendaraan di Surabaya Wajib Uji Untuk Dapatkan Smartcard, Ini Manfaatnya

Mulai Januari 2020, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya mewajibkan seluruh Kendaraan Wajib Uji untuk memegang Smartcard.

SURYA/M TAUFIK
ilustrasi uji kir 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mulai Januari 2020, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya mewajibkan seluruh Kendaraan Wajib Uji untuk memegang Smartcard.

Ada 5 jenis kendaraan yang Wajib Uji, yakni mobil penumpang (angkutan kota, elf, dll), bus, mobil barang, kereta gandeng dan kereta tempel.

Kepala Seksi Pengujian Sarana Dishub, Abdul Manab, mengatakan kewajiban ini berdasarkan peraturan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia nomor 133 pasal 54-56 tahun 2015.

Ia menjelaskan, Smartcard akan dijadikan pengganti tanda bukti lulus uji yang selama ini berupa buku uji, plat dan tanda samping.

(Sekarang Daftar Uji Kir Kendaraan di Surabaya Cukup Lewat Ponsel, Tak Lagi Takut Kecele)

"Nanti target kementerian, per Januari 2020 itu sudah menggunakan Smartcard. Bentuknya seperti kartu ATM begitu. Nanti memuat data kendaraan yang diuji," jelas Manab, Rabu (30/10/2019).

Tak hanya Smartcard, nantinya para pengendara juga akan memegang sertifikat serta stiker penanda lulus uji.

Di stiker tersebut terdapat QR Code yang bisa di-scan, dan akan muncul semua informasi tentang uji kendaraan.

Manab menambahkan, pihaknya sudah memulai sosialisasi. Apalagi, pelaksanaan wajib Smartcard tinggal dua bulan lagi.

Dishub sendiri sudah mengajukan pembuatan Peraturan Wali Kota Surabaya soal ini, sehingga dipastikan aturannya akan segera dimulai.

"Kan sudah pernah diundang oleh kementerian. Baik dari agen pemegang merk kendaraan maupun stakeholder lain, untuk disosialisasikan bahwa nanti hasil pengujian kendaraan apabila dinyatakan layak jalan, dapat Smartcard, sertifikat dan stiker," jelasnya.

(Uji KIR Kini Sistem Online, Bisa Hemat Waktu Pelayanan, Dishub Kota Blitar: 25 Menit Per Kendaraan)

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved