Breaking News:

Kampus di Surabaya

Universitas Ciputra Janji Bantu Tingkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi di Tomohon dan Melawi

Tahun ini, Kementrian Ristek Dikti, telah memilih 29 kampus terakreditasi A di seluruh Indonesia yang berhak menerima Hibah Asuh Perguruan Tinggi.

Istimewa
Lenny Rosita, Kepala Penjaminan Mutu Universitas Ciputra, Surabaya (kiri) dalam lokakarya SPMI bersama staf STKIP Melawi. 

Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tahun ini, Kemenristekdikti, telah memilih 29 kampus terakreditasi A di seluruh Indonesia yang berhak menerima Hibah Asuh Perguruan Tinggi.

Universitas Ciputra (UC), Surabaya, termasuk salah satu penerimanya.

Melalui program tersebut, kampus-kampus terpilih bertugas untuk membantu meningkatkan mutu perguruan tinggi yang ada daerah.

Untuk menjalankan program tersebut, UC menuju dua kampus di Sulawesi Utara, yaitu Institut Teknologi Minaesa dan Universitas Sariputra Indonesia Tomohon.

(Beredar Poster yang Wajibkan Mahasiswa UMM Ikut Demo, Pihak Kampus: Itu Hoaks)

Selain itu, UC juga menuju STKIP Melawi, Kalimantan Barat yang termasuk sebagai kampus di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Lokasi kampusnya, mendekati perbatasan Indonesia - Serawak, Malaysia.

"Misi kami dalam program ini, meningkatkan akreditasi 21 program studi yang ada di kampus tersebut. Juga, kami optimis untuk mengubah status ITM Tomohon, dari pembinaan ke status perguruan tinggi aktif," ujar Lenny Rosita, Kepala Penjaminan Mutu UC, Surabaya.

Dalam program yang sudah berjalan sejak Juni 2019 lalu itu, tim UC lebih mengedukasi pentingnya keberadaan bidang penjaminan mutu dalam perguruan tinggi.

Tak sekadar materi, tim UC pun membantu staf dari ketiga kampus tersebut untuk menyusun dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Ada juga bagaimana mengatur siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEP).

"Karena kasusnya kurang lebih sama, yait kurang aware dengan adanya quality assurance, kalaupun di kampusnya sudah ada bidang tersebut, jalannya nggak maksimal," ungkap Lenny, salah satu anggota tim Hibah Asuh Perguruan Tinggi UC.

(Kembangkan Ide dari Pinterest, Mahasiswa Universitas Ciputra Bikin Perhiasan Berbahan CD & DVD Bekas)

Rektor ITM Tomohon, Doktor Tartius Timpal MSi pun mengiyakan, selama ini pihaknya belum menyusun SPMI secara mendiri.

Oleh ssbab itu, program Hibah Asuh Perguruan Tinggi itu disebutnya sangat bermanfaat bagi perguruan tingginya.

"Saat ini untuk dokumen-dokumennya sudah dibuat, sudah saya cek dan ada beberapa evaluasi. Selanjutnya tinggal memperbaiki dokumen saja dan tunggu hasil kunjungan dari dikti," papar Lenny kepada TribunJatim, Jumat (1/11/2019).

(Gandeng Universitas Ciputra, KONI Jatim Ajak Barisan Mantan Atlet Latihan Bikin Bisnis)

Penulis: Hefty Suud
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved