Ditemukan Juni Lalu, Situs Pemandian Majapahit di Jombang Kini Bawa Untung untuk Masyarakat

Temuan situs pemandian kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, membawa rezeki tersendiri, terutama bagi masyarakat sekitar.

Ditemukan Juni Lalu, Situs Pemandian Majapahit di Jombang Kini Bawa Untung untuk Masyarakat
SURYA/Sutono
Kawasan Situs Petirtaan Sumberbeji, Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Ngoro, Jombang, yang selalu ramai didatangi pengunjung.(sutono) 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Temuan situs Petirtaan Sumberbeji, pemandian kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, membawa rezeki tersendiri, terutama bagi masyarakat sekitar.

Sejak petirtaan kuno ini ditemukan warga pada Juni 2019 lalu, dilanjutkan ekskavasi Agustus 2019 lalu oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, banyak warga berkunjung ke lokasi situs.

Kawasan situs pun berangsur-angsur berubah menjadi semacam objek wisata baru bagi masyarakat. Seiring dengan itu, warga pun memanfaatkan kondisi ini untuk mengais rezeki.

Mereka mulai menjual makanan dan minuman, kemudian penjual mainan anak, sampai kepada jasa parkir.

(Aktivitas Outdoor Indofest Surabaya Disebut Dinas Pariwisata Bisa Gaet Minat Milenial Lebih Tinggi)

Bahkan sekarang, sejumlah warung dan lapak pun berdiri di kawasan situs petirtaan yang diyakini arkeolog dbangun zaman Majapahit.

Para pedagang yang didominasi penjual makanan dan minuman itu mampu meraup keuntungan hingga Rp 800.000 setiap hari

Seperti diakui Sri Rejeki (44) pedagang es dan nasi asal Kecamatan Bareng. Sri dan suaminya sudah tiga pekan membuka usaha warung di lokasi situs.

Keuntungan yang menggiurkan itu mampu dia peroleh, terlebig jika kawasan situs dikuras airnya oleh tim ekskavasi maupun pihak pengelola di desa.

Saat itulah, akan banyak pengunjung yang datang di tempat tersebut.

"Rp 800.000 itu pendapatan bersih, yang terjadi kalau sendang (kolam kuno) dikuras. Saat itu struktur bangunan kuno terlihat jelas, sehingga banyak yang datang," ucap Sri.

Halaman
123
Penulis: Sutono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved