Kampus di Surabaya

Sciene Film Festival 2019, UK Petra Ajak Siswa Cinta Sains dan Teknologi Lewat Ilmu Alam

Perpustakaan UK Petra bersama Goethe-Institute, Pusat Kebudayaan Jerman menggelar Sciene Film Festival (SFF) 2019, Kamis (7/11/2019).

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Anugrah Fitra Nurani
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Siswa siswi antusias mengikut kegiatan Sciene Film Festival 2019 di UK Petra pada Kamis (7/11/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perpustakaan UK Petra bersama Goethe-Institute, Pusat Kebudayaan Jerman menggelar Sciene Film Festival (SFF) 2019, Kamis (7/11/2019).

UK Petra dalam kegiatan ini turut mengajak 900 siswa SD hingga SMP di Surabaya.

Mereka melihat beberapa film diantaranya Brain, Nanogirl and the Imaginauts, Earth to Future : A Future Without Plastic dan masih banyak lainnya.

Bertemakan ''Humbolt and The Web of Life", kegiatan itu dilakukan sebagai inovasi dalam pembelajaran sciene, technology, engineering and mathematics (STEM).

(Potret Sehilla Limandjaja, Seniman Digital UK Petra yang Hobi Jalan-jalan untuk Atasi jenuh)

"Kami mengajak peserta untuk mempelajari ekosistem alam sebagai jaringan-jaringan kehidupan. Ada 900 siswa dari tiga sekolah," kata Kepala Bagian Bahasa Wisma Jerman Maximilian Harnecker di UK Petra Surabaya, Kamis (7/11/2019).

Selain pemutaran film juga ada pameran tentang coral experiment, plastik 3D infographic, sea level simulation, basic sciene infographics dan solar charger.

Peserta juga diajak berkompetisi dan bereksperimen mengenai pengurangan penggunaan plastik.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UK Petra Dian Wulandari mengatakan kerjasama ini memasuki tahun ke enam yang dilatar belakangi dengan kurangnya minat belajar STEM.

"Pempelajaran STEM di negara kita masih rendah, ini berdasarkan survey. Ini tahun ke enam dan kami pilih SD-SMP supaya mereka memiliki minat belajar STEM yang menyenangkan dan tidak bosan," kata Dian Wulandari.

Dian berharap, dengan adanya berbagai kegiatan pada kegiatan Sciene Film Festival (SFF) 2019 ini dapat menggugah minat belajar siswa dan menjadi inspirasi para guru.

(UK Petra Peringati Sumpah Pemuda, Rektor : Milenial Harus Mampu Mengembangkan Skill dan Teknologi)

"Kami ingin mengajak anak-anak SD untuk menumbuhkan minat mereka belajar STEM sehingga tidak menjadi momok selain itu kami juga mengajak guru-guru mendapat inspirasi yang menarik tentang demo eksperimen," tutup Dian.

Keseruan eksperimen dirasakan Siswa kelas VI SD Percobaan Surabaya Diaz Syailendra yang mengaku senang ketika membuat eksperimen balapan gelembung.

Balapan gelembung dipraktekan dengan cara menggesek balon ke rambut supaya menghasilkan elektron.

Balon tersebut kemudian digunakan untuk menarik gelembung.

"Seru ini yang pertama, tapi tadi susah ditarik gelembungnya dari balon karena ketika menggesek balon ke rambut kurang lama. Nani saya praktekan lagi di rumah dan sekolah," kata Diaz.

(Pertama Kali di Indonesia, Alumnus UK Petra Surabaya Bikin Aplikasi Solusi Duka, Masuk Rekor MURI)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved