Hari Pahlawan

Ruhana Kuddus, Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia, Resmi Diangkat Jadi Pahlawan Nasional 2019

Ruhana Kuddus, jurnalis perempuan asal Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat kini resmi diangkat sebagai Pahlawan Nasional tahun 2019.

TRIBUNJATIM.COM - Nama Ruhanna Kudus, jurnalis perempuan asal Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sebelumnya telah diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional di tahun 2018, namun baru tahun 2019 ini ia diangkat menjadi pahlawan nasional.

Jurnalis perempuan pertama di Indonesia, Ruhana Kuddus ditetapkan sebagai pahlawan nasional tahun 2019.

Dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (8/11/2019) menjadi hari paling membahagiakan serta dikenang oleh keluarga Ruhana Kuddus, pemimpin redaksi Soenting Malajoe.

Pasalnya keluarga yang diwakili oleh ahli waris yakni sang cucu, Janeydy menerima langsung gelar pahlawan untuk Ruhana Kuddus di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo.

Jujur, Janeydy merasa sangat terharu serta bangga. Akhirnya setelah bertahun-tahun, sang nenek mendapat gelar sebagai pahlawan nasional.

"‎Saya sangat terharu, saya dan keluarga mengucapkan terima kasih akhirnya nenek saya mendapat gelar pahlawan nasional atas perjuangan dan jasanya," ucap Janeydy yang terus memamerkan tanda jasa berupa lambang burung garuda di tangannya.

KH Masjkur Terima Gelar Pahlawan Nasional, Khofifah: Sosok Pahlawan Yang Patut Diteladani

Janeydy sempat berbagi cerita sosok sang nenek yang teramat sederhana dan selalu memiliki perhatian besar pada sesama khususnya perempuan.

"Ruh‎ana Kuddus tidak pernah pelit berbagi ilmu. Sejak umur 8 tahun, beliau sudah mengajar," singkat Janeydy ketika ditanya soal hal paling dikenang dari sang nenek.

Masih menurut Janeydy, sang nenek yang wafat pada 16 Desember 1972 ini ‎sudah berbagi ilmu menulis dan membaca ke teman-temannya sejak berumur 8 tahun.

Asah Kemampuan Menulis, Siswa MTs NU Trate Gresik Gelar Diklat Jurnalistik

Sayangnya, dari keluarga tidak ada yang menuruni jejak Ruhana Kuddus‎ sebagai jurnalis. Tanda penghargaan yang diterima dari Presiden Jokowi, kata Janeydy bakal disimpan di rumah mereka.

Halaman
12
Editor: Ficca Ayu Saraswaty
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved