Breaking News:

10 Tanggul Sekitar Sungai Bengawan Solo Rawan Longsor, Warga Lamongan Diimbau Ekstra Hati-hati

10 tanggul di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo rawan longsor yang bisa mengancam ratusan rumah warga Lamongan

SURYA/HANIF MANSHURI
Satu di antara 10 titik tanggul Bengawan Solo di Lamongan yang rawan longsor, sebagian sudah mengalami retakan dan amblas, Senin (18/11/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Masyarakat Lamongan yang berdomisili di luar tanggul sepanjang Sungai Bengawan Solo harus ekstra hati-hati.

Pasalnya, ancaman tanggul longsor masih terjadi di sejumlah titik. Bahkan hingga detik ini, tanggul longsor masih saja berlangsung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan menyebut, sedikitnya ada 10 lokasi rawan longsor di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo.

Jumlah ini bertambah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Solar Langka, Nelayan, Petambak dan Sopir di Lamongan Kelimpungan Membeli Solar

"Tahun lalu hanya ada 6 titik yang terdapat di tanggul di empat kecamatan," kata Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin saat ditemui Surya.co.id, Senin (18/11/2019).

Empat kecamatan yang tanggulnya longsor itu di antaranya Karanggeneng, Laren, Babat, dan Maduran.

Nah, 2019 ini titik tanggul rawan longsor itu bertambah dan perlu diwaspadai lantaran bisa mengancam ratusan rumah warga sekitar.

BPBD mendapati beberapa desa di empat kecamatan yang tanggulnya terancam mengalami longsor di sepanjang bantaran sungai Bengawan Solo, dengan jumlah penduduk mencapai ribuan jiwa.

Desa-desa itu di antaranya Desa Keduyung, Pelangwot, Mojoasem, Kecamatan Laren, Bedahan Kecamatan Babat dan beberapa desa lainnya.

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon di Lamongan, Rusak Balai Desa dan PJU

"Longsor terparah ada di Desa Pelangwot, itu sudah ada beberapa rumah warga yang hanyut bersama material tanah hanyut ke sungai," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved