298 Transmigran Jatim Diberangkatkan Menteri Desa PDTT ke Bulungan, Tiap KK Diberi Lahan 2 Hektare

298 Transmigran Jatim diberangkatkan Menteri Desa PDTT ke Bulungan. Tiap KK diberi lahan 2 hektare

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDT dan Transmigrasi) Abdul Halim Iskandar menggendong anak transmigran Jawa Timur yang diberangkatkan ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDT dan Transmigrasi) Abdul Halim Iskandar memberangkatkan transmigran dari Jawa Timur ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Ada 298 jiwa dari 100 kepala keluarga (KK) yang diberangkatkan Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar dari Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (27/11/2019).

Gus Halim mengungkapkan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov Jatim untuk memantau para transmigran yang diberangkatkan ke Satuan Permukiman 10 (SP 10) ini.

Menteri Desa PDTT Resmikan Agrowisata Perkebunan Belimbing Sidoarjo, Ada 2 Ribu Pohon Ditanam

"Hari ini ada 100 KK yang diberangkatkan ke Kaltara ke Sektor 10 (SP 10), di sana sudah ada sektor 1-9 yang 90 persen itu dari Jawa timur. Alhamdulillah ada testimoni bagus juga dari transmigran asal Trenggalek yang lebih dulu sudah dikirim ke sana," ucap Gus Halim.

Sebagai bentuk perhatian, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini akan memantau langsung kondisi di Kabupaten Bulungan.

"Tanggal 9-12 Desember nanti saya akan ke sana untuk meninjau SP yang sudah eksis dan menyerahkan 6000 sertifikat hak milik," lanjut Gus Halim.

DAFTAR Gaji Menteri, Staf Khusus Presiden hingga Gaji Ahok di Pertamina, Mana yang Paling Tinggi?

Pria asal Jombang ini memastikan satu-persatu semua daerah trans akan memiliki sertifikat hak milik sebagai legalitas kepemilikan lahan sehingga tidak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun.

"Tentu kita berharap distribusi penduduk dan lahan yang lebih luas lagi dibandingkan Jawa Timur ini bisa meningkatkan kesejahteraan mereka sehingga agregatnya adalah kesejahteraan masyarakat Indonesia juga," ucapnya.

Lebih lanjut, Gus Halim menjelaskan para transmigran akan mendapatkan beberapa fasilitas dari pemerintah.

Bus Kramat Djati Terperosok di Tol Sumo, Ini Identitas Korban Tewas, Luka Berat dan Luka Ringan

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved