Mahasiswa Farmasi Ubaya Kreasikan Bunga Telang Menjadi Minuman Kekinian ‘Galaxy Gum’

Galaxy Gum merupakan kreasi minuman berbahan dasar Bunga Telang yang memiliki keunikan yaitu berubah warna jika dicampurkan dengan tanaman aloe vera.

Mahasiswa Farmasi Ubaya Kreasikan Bunga Telang Menjadi Minuman Kekinian ‘Galaxy Gum’
Surya/Sugix
Minuman kekinian ‘Galaxy Gum’ berbahan dasar bunga telang yang merupakan salah satu tanaman obat tradisional karya Mahasiswa Farmasi Ubaya, Jumat (29/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mayang Essa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) mengkreasikan bunga telang menjadi minuman kekinian. 

Tanaman obat tradisional seperti bunga talang ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh sebagai antioksidan dan anti diabetes.

“Manfaat bunga telang yang termasuk tumbuhan awam bagi masyarakat ini memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk rambut dan kulit,” jelas Faustina selaku Ketua Kelompok, Jumat (29/11/2019). 

Mahasiswa Farmasi Ubaya Buat Kreasi Makanan dan Minuman Kekinian dari Bahan Tanaman Obat

Faustina mengatakan hal ini yang melatarbelakangi untuk menciptakan kreasi minuman kekinian dengan campuran batang serai dan alang-alang yang diberi nama, Galaxy Gum. 

Galaxy Gum merupakan kreasi minuman berbahan dasar Bunga Telang yang memiliki keunikan yaitu dapat berubah warna jika dicampurkan dengan tanaman aloe vera. 

Mahasiswa UBAYA jurusan Farmasi menunjukkan minuman hasil kreasi yang dapat berubah warna. Terbuat dari tanaman obat asli Indonesia, Jumat (29/11/2019).
Mahasiswa UBAYA jurusan Farmasi menunjukkan minuman hasil kreasi yang dapat berubah warna. Terbuat dari tanaman obat asli Indonesia, Jumat (29/11/2019). (Surya/Sugix)

KONI Jatim Sebut Atlet Senam SEA Games 2019 Dipulangkan karena Indisipliner, Bukan Tak Perawan

“Minuman ini dapat berubah warna menjadi warna pink hingga ungu jika dicampurkan dengan bahan aloe vera,”. Jelas Faustina. 

Aloe vera sendiri memili fungsi untuk melancarkan pencernaan dan kaya antioksidan. 

Untuk membuatnya menjadi lebih kekinian, Galaxy Gum dicampuri bahan seperti peach gum yang sedang trend dimasyarakat memiliki sensasi kenyal yang menjadi sumber collagen dan antioksidan. 

“Bahan lainnya yaitu biji selasih yang banyak serat, anti sembelit, dan anti hipertensi,” tutupnya. 

Sekadar informasi, Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) kreasikan tanaman obat asli Indonesia menjadi produk makanan dan minuman kekinian. 

Halaman
12
Penulis: Mayang Essa
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved