Genjot Produksi Bawang Putih, Kementan Terapkan Aturan Wajib Tanam Agar Impor Bisa Dihentikan

Kementan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura menyatakan, tetap konsisten dalam menggenjot produksi bawang putih jelang akhir tahun 2019.

Genjot Produksi Bawang Putih, Kementan Terapkan Aturan Wajib Tanam Agar Impor Bisa Dihentikan
ISTIMEWA
Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto sebut Kementan akan tetap konsisten menggenjot produksi bawang putih jelang akhir tahun 2019. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura menyatakan, tetap konsisten dalam menggenjot produksi bawang putih jelang akhir tahun 2019.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyatakan produksi bawang putih harus digenjot supaya kebutuhan dalam negeri tidak bergantung pada impor.

"Penggenjotan produksi bawang putih dilakukan agar kebutuhan dalam negeri tidak bergantung pada impor alias dipenuhi sendiri," kata Prihasto Setyanto, Sabtu (30/11/2019).

Sertifikasi Pra Nikah Tak Harus Tatap Muka, Bisa Dilakukan Lewat Online

Prihasto Setyanto atau pria yang akrab disapa Anton ini menyebut, untuk mendukung produksi bawang putih yang besar, Kementan tetap menerapkan aturan wajib tanam sehingga impor bisa dihentikan.

"Aturan wajib tanam diatur dalam Permentan Nomor 38 Tahun 2017, namun guna mempercepat swasembada, aturan tersebut direvisi menjadi Permentan Nomor 39 Tahun 2019," ujar Prihasto Setyanto.

Truk Muatan Buah Kelapa Terguling di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Melaju 90 Km/Jam

Dijelaskan Anton, dalam aturan itu perbedaannya yakni importir di Permentan 38/2017 kewajiban tanamnya dilakukan pada pra atau sebelum mendapat Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH),

Sedangkan, di Permentan 39/2019 kewajiban tanamnya dikerjakan pada pasca atau setelah mendapat RIPH.

"Oleh karena itu, aturan wajib tanam tetap diterapkan, tidak dicabut di Permentan 39 Tahun 2019. Intinya Kementan tetap konsisten mewujudkan swasembada bawang putih," tegasnya

Nella Kharisma Dituduh Selingkuhi Suami Bupati Kediri, 2 Akun FB Pelaku Punya Rekam Jejak Digital

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved