Hari Disabilitas Internasional, HDI di Indonesia Angkat Tema 'Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul'

Peringatan Hari Disabilitas Internasional untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Hari Disabilitas Internasional, HDI di Indonesia Angkat Tema 'Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul'
freepik.com
Ilustrasi Hari Disabilitas Internasional. HDI di Indonesia mengangkat tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul". 

TRIBUNJATIM.COM - Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Hari ini bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional dimana dunia memperingati hari ini untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional dijadikan sebagai momentum bagi masyarakat Internasional untuk memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas

Dalam hal ini yakni memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Dikutip dari kemsos.go.id, di Indonesia sendiri, komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dalam lahirnya UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI

Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada hari ini, Selasa (3/12/2019) melansir dari Kompas.com.

Tahun ini, peringatan HDI di Indonesia mengangkat tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul".

HDI digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas dan sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak sahabat disabilitas.

Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018, populasi penyandang disabilitas berat dan sedang di Indonesia mencapai 30 juta orang, sedangkan berdasarkan data Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) berjumlah 21 juta orang.

Rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional di Indonesia dimulai dengan acara gala dinner yang diadakan di Gedung Aneka Bhakti, Kemensos RI, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

"Rangkaian acara akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Car Free Day, pameran, dan acara puncak yang akan dipusatkan di Plaza Barat Senayan, Gelora Bung Karno," ujar Sekretaris Jenderal Kememsos, Hartono Laras. Komitmen untuk kesejahteraan kaum difabel Rangkaian acara peringatan HDI 2019 akan pula menjadi komitmen Indonesia dalam penghormatan, pemajuan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. "Komitmen tersebut sejalan dengan teman-teman penyandang disabilitas yang tergabung dalam organisasi penyandang disabilitas," kata Hartono.

Penyandang Cacat Internasional atau Hari Difabel Internasional adalah peringatan internasional yang didorong Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Disabilitas Internasional, Ini Rangkaian Peringatannya di Indonesia"

Editor: Ficca Ayu Saraswaty
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved