East Java Culture and Tourism Award, Khofifah Minta Ditingkatan Promosi Wisata dan Fasilitasnya

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan pada seniman, budayawan dan juga pemerintah kabupaten kota yang memberikan komitmen kua

East Java Culture and Tourism Award, Khofifah Minta Ditingkatan Promosi Wisata dan Fasilitasnya
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan pada seniman, budayawan dan juga pemerintah kabupaten kota yang memberikan komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata di Jawa Timur melalui East Java Culture and Tourism Award 2019, yang dihelat di Harris Hotel and Convention, Jumat (6/12/2019) malam. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan pada seniman, budayawan dan juga pemerintah kabupaten kota yang memberikan komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata di Jawa Timur melalui East Java Culture and Tourism Award 2019, yang dihelat di Harris Hotel and Convention, Jumat (6/12/2019) malam.

Dalam ajang tersebut diberikan penghargaan untuk sepuluh seniman, dan juga budayawan. Selain itu lima kabupaten juga mendapatkan penghargaan atas komitmennya melakukan pengembangan pariwisata. Yaitu mulai Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kota Probolinggo, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Lumajang.

Tidak hanya itu sejumlah lokasi wisata juga mendapatkan penghargaan. Seperti untuk kategori daya tarik wisata alam, penghargaan juara pertama diberikan pada wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo.

Sedangkan untuk kategori daya tarik wisata budaya penghargaan juara pertama diberikan pada Wisata Adat Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Dan untuk kategori daya tarik wisata buatan diraih untuk Selecta Malang dan juga Trenggalek.

Tahun 2020, Disbudpar Jatim Akan Gelar 420 Even Budaya dan Pariwisata di Jawa Timur

Kasus Spamming Kartu Kredit Komplotan Hacker, Polda Jatim Koordinasi dengan Konsulat Negara Eropa

Timnas U-23 Indonesia Vs Myanmar, Lawan Lebih Banyak Waktu Istirahat, Indra Sjafri: Awas Kegemukan!

Selain itu tiga daerah pemenang terbaik Jatim Specta Night Carnival juga mendapat penghargaan yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Blitar. Penghargaan-penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Di sela memberikan penghargaan, Gubernur Khofifah berpesan pada seluruh stakeholder untuk bisa memaksimalkan promosi pariwisata Jawa Timur.

Menurutnya pariwisata Jawa Timur sangat lengkap. Misalnya Gili Iyang memiliki kualitas oksigen terbaik kedua di dunia. Lalu juga Blue Fire di Gunung Ijen yang hanya ada dua di dunia dan salah satunya ada di Jawa Timur.

"Mari kita jaga potensi pariwisata kita, kita promosikan pariwisata kita dengan tanpa mengganggu daya dukung alam. Meski kita masih membutuhkan tambahan infrastruktur untuk memudahkan menikmati pariwisata di Jawa Timur," kata Khofifah.

Misalnya untuk Gili Iyang dikatakan Khofifah disana masih membutuhkan tambahan dermaga dan kapal cepat. Hal tersebut menjadi kebutuhan urgen untuk bisa meningkatkan kedatangan wisatawan ke Gili Iyang yang aksesnya masih minim saat ini.

Begitu juga di wisata Gunung Bromo, menurut mantan Mensos ini, di sana masih dibutuhkan tambahan fasilitas MCK. Khususnya di kawasan penanjakan, serta kebutuhan shelter sebagai kebutuhan dasar wisatawan yang ingin beribadah.

Agar usai minimati sunrise mereka bisa segera melaksanakan ibadah dengan mudah. Infrastruktur tersebut tengah diupayakan untuk bisa ditingkatkan sehingga bisa menambah kenyamanan wisatawan.

"Begitu juga dengan potensi budaya kita. Kami ingin sektor daya tarik budaya ini terus dikuatkan. Sehingga saat wisawatan datang meninkmati alam Jawa Timur, malamnya bisa menikmati sajian performance kesenian dan kebidayaan. Jadi bagaimana dua hal ini bisa dikemas untuk dipromosikan menjadi gravitasi wisatawan nasional dan internasional," pungkas Khofifah.(Fatimatuz zahroh/Tribunjatim.com)

 

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved