Hujan Deras & Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang Timpa Bengkel Tambal Ban Hingga Rusak di Blitar

Hujan Deras & Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang Timpa Bengkel Tambal Ban Hingga Rusak di Blitar.

Hujan Deras & Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang Timpa Bengkel Tambal Ban Hingga Rusak di Blitar
SURYA/SAMSUL HADI
Petugas PBD membersihkan batang pohon sengon yang tumbang menimpa bangunan bengkel milik warga di Jl Kalimantan, Kota Blitar, Rabu (11/12/2019). 

Hujan Deras & Angin Kencang, Pohon Sengon Tumbang Timpa Bengkel Tambal Ban Hingga Rusak di Blitar

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Hujan deras disertai angin kencang membuat pohon sengon tumbang di pekarangan pinggir Jl Kalimantan, Kota Blitar, Rabu (11/12/2019).

Pohon sengon itu roboh menimpa bangunan bengkel tambal ban milik Sugeng Prayitno (32).

Sebagian bangunan tambal ban milik Sugeng hancur tertimpa batang pohon. Sejumlah perkakas untuk tambal ban miliknya juga rusak tertimpa batang pohon.

41 Pendaftar Panwascam di Kota Blitar Ikuti Tes Tulis Secara Online

Nenek 69 Tahun Blitar Tewas Tercebur Sumur Setelah Hilang Beberapa Jam, Sobekan Bajunya Kuak Fakta

KPU Kota Blitar Lelang Bekas Surat Suara di Pemilu 2019

"Kerusakan paling parah di bangunannya, kerugiannya sekitar Rp 25 juta," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan sebelum pohon sengon tumbang, hujan deras mengguyur lokasi. Hujan deras itu disertai angin kencang.

Sugeng sempat mendengar suara seperti batang kayu patah.

Tak lama kemudian, warga Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar itu mendengar suara benturan keras menimpa bangunan bengkelnya. "Saya sedang tiduran di dalam bengkel. Begitu ada suara benda menimpa bengkel, saya langsung lari keluar," ujarnya.

Menurut Sugeng, pohon sengon itu sepertinya sudah lapuk di bagian akarnya. Begitu dihempas angin, pohon sengon langsung tumbang. "Akarnya sudah lapuk, saat ada angin langsung roboh," katanya.

Petugas dari Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar terlihat membersihkan batang dan ranting pohon yang tumbang menimpa bangunan bengkel milik Sugeng. Petugas memotong batang dan ranting pohon yang tumbang.

Kabid PBD Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar Supriyadi meminta warga waspada dengan peristiwa angin kencang di awal musim hujan. Menurutnya, pada awal-awal musim hujan rawan terjadi angin kencang.

PBD sudah memetakan kawasan rawan terjadi angin kencang. Ada dua kelurahan di Kota Blitar yang rawan terjadi angin kencang. Yaitu di Kelurahan Tanjungsari dan Kelurahan Kauman. "Tapi, semua wilayah tetap perlu diwaspadai. Sebab, peristiwa angin kencang bisa terjadi di mana saja," katanya.

Selain angin kencang, dia juga mengimbau masyarakat waspada dengan peristiwa banjir saat awal musim hujan. Ada sejumlah wilayah rawan banjir di Kota Blitar. Misalnya, di Jl Merdeka, Jl Mastrip, Jl Bali, Jl Kalimantan, dan Jl Delima.

"Banjir di sejumlah titik itu akibat saluran air meluap saat awal musim hujan. Kami sudah koordinasi dengan OPD terkait untuk membersihkan saluran air," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved