3 Tips Berkendara Aman Liburan ke Luar Kota ala Polda Jatim: Jalan Halus Jangan Asal 'Ngegas'

Tangkap momen libur Nataru biasa dipakai untuk bepergian ke luar kota, Kombes Pol Frans Barung Mangera bagi tips mengemudi aman.

3 Tips Berkendara Aman Liburan ke Luar Kota ala Polda Jatim: Jalan Halus Jangan Asal 'Ngegas'
TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI
Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera saat menjelaskan fakta penyelidikan terbaru soal mayat tanpa kepala dalam koper di Blitar, Sabtu (6/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Momen libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berpergian ke luar kota.

Untuk itu jangan lupa berhati-hati saat di perjalanan, waspada dan senantiasa mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan ke tempat tujuan lancar dan selamat.

Melengkapi itu, Polda Jatim membagikan tips berkendara aman yang wajib diterapkan oleh segenap pengguna jalan saat bepergian jauh. Diantaranya sebagai berikut:

Warga Bondowoso Hanyut di Singai, Tim SAR Jember Sisir Sungai

SEDANG BERLANGSUNG LIVE STREAMING Gerhana Matahari Cincin (26/12/2019), Mulai Terlihat di Aceh

1. Cek Kondisi Kendaraan

Menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, pengemudi wajib memastikan kendaraan yang akan digunakannya bepergian dalam kondisi prima.

Apalagi momen liburan seperti ini, jarak rute perjalanan yang ditempuh biasanya terbilang jauh.

Bila memang tidak memiliki kemampuan dalam hal mesin, bawa mobil terlebih dulu  ke bengkel untuk dilakukan cek kondisi kendaraan oleh ahlinya.

"Ini penting, kalau paham mesin, mungkin bisa dipastikan sendiri. Nah biasanya ada yang memang bisa beli mobil, tapi gak tahu mesin, mending dibawa ke bengkel buat dilihat," ujarnya saat dihubungi awakmedia, Kamis (26/12/2019).

Warga Bondowoso Hanyut di Singai, Tim SAR Jember Sisir Sungai

Potret Salmafina Sunan Rayakan Natal Pertama di Amerika Serikat, Siapa Pria Bule di Samping?

Selain itu, Barung juga menganjurkan, pengendara seyogyanya membawa perlengkapan alat kesehatan seperti kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Halaman
123
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved