Pemeriksaan Ketat Penumpang Pesawat China di Juanda Cegah Virus Corona, Siagakan Alat Deteksi Suhu

Pemeriksaan Ketat Penumpang Pesawat China di Juanda Cegah Virus Corona, Siagakan Alat Deteksi Suhu.

Pemeriksaan Ketat Penumpang Pesawat China di Juanda Cegah Virus Corona, Siagakan Alat Deteksi Suhu
SURYA/M TAUFIK
Kepala KKP Kelas I Surabaya M Budi Hidayat saat memantau Body Thermal Scanner dan ruang isolasi bagi penumpang maupun kru pesawat yang terindikasi Virus Corona di Bandara Juanda. 

Pemeriksaan Ketat Penumpang Pesawat China di Juanda Cegah Virus Corona, Siagakan Alat Deteksi Suhu

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Penumpang dan kru pesawat dari China yang tiba di Bandara Internasional Juanda harus melewati pemeriksaan ketat.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Semua penumpang dan kru penerbangan harus melewati pemeriksaan di alat pengukur suhu atau Body Thermal Scanner yang ada di bandara.

Alat tersebut bekerja menganalisis setiap suhu tubuh manusia. Dugaan terhadap penumpang yang teridentifikasi virus, suhu tubuh mencapai lebih dari 27 derajat celcius.

Bongkar Makam Pemuda Sidoarjo & Autopsi 3 Jam oleh Polisi, Kejanggalan Pengeroyokan Jadi Sebab

Menang dari SMP Gloria 1 Surabaya, Ini Si Kembar di SMP Petra 4 Sidoarjo yang Bikin Repot Lawan

Belum Tentukan Calon Bupati di Pilkada Sidoarjo 2020, PKB Tunggu Penunjukkan Plt Ketua DPC

"Alat itu akan bekerja dan memberikan sinyal informasi ke petugas. Jika ada penumpang atau kru yang terindikasi, sebelum dirujuk ke rumah sakit, terlebih dulu diperiksa di tempat oleh petugas yang berjaga,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya M Budi Hidayat, Rabu (22/1/2020).

Karenanya, selain alat deteksi suhu tubuh, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah petugas untuk melakukan pengawasan dan evakuasi kepada penumpang yang terjangkit virus.

Selain itu, telah disiapkan pula ruang isolasi di bandara. Tempat untuk melakukan penanganan terhadap penumpang atau kru yang teridentifikasi kena virus.

Menurutnya, setiap alat yang tepasang di Bandara Juanda dijaga oleh lima orang petugas dalam satu tim. Diantaranya, perawat, dokter ahli, dan staf.

“Mulai dari alat, jalur evakuasi, sampai ruang isolasi sudah siap. Mobil ambulan juga standby, sewaktu-waktu bisa mengangkut pasien ketika dibutuhkan saat penanganan lebih lanjut ke rumah sakit,” urainya.

Sejumlah persiapan itu dilakukan karena dalam waktu dekat juga akan ada beberapa pesawat dari China yang landing di Bandara Internasional Juanda.

Dalam seminggu ini, disebutnya, Bandara Juanda akan kedatangan dua pesawat dari China. Makanya, alat pendeteksi suhu itu telah terpasang dan disiapkan di terminal 2, kedatangan internasional.

Penulis : M Taufik

Editor : Sudarma Adi

Penulis: M Taufik
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved