Menteri Agraria : Jaminan Sertifikat Tanah untuk Pinjaman di Bank Naik

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil membuka acara pembagian 2.020 sertifikat tanah di WEP.

Menteri Agraria : Jaminan Sertifikat Tanah untuk Pinjaman di Bank Naik
Willy Abraham/Tribunjatim
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil saat memberikan sambutan di WEP, Senin (27/1/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Sertifikat tanah yang dibagikan gratis kepada warga ternyata selain menekan angka sengketa tanah juga meningkatkan pinjaman sertifikat tanah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil membuka acara pembagian 2.020 sertifikat tanah di WEP.

Menurut Sofyan akses pinjaman menggunakan jaminan sertifikat tanah ke perbankan di Jatim dalam kurun setahun terakhir naik.

Pihaknya terus mendorong program sertifikat tanah, salah satunya di wilayah Jatim dengan target hingga tahun 2024 harus terselesaikan.

"Masih ada sekitar 9,4 juta lagi yang harus diselesaikan," tuturnya.

Menurutnya, pemberian sertifikat tanah gratis ini selain menekan angka sengketa tanah juga meningkatkan transaksi perbankan.

"Meningkatnya peminjaman perbankan selama ini. Dari 2018 tanah sertifikat ada 91 triliun sertifikat sebagai jaminan hak anggunan. Kemudian 2019 meningkat menjadi 109 triliun," paparnya.

Rapor Akuntabilitas Kinerja Pemkab Sidoarjo Turun Jadi BB, Begini Penjelasan Cak Nur

21 Mahasiswa Unesa di China Positif Tidak Terinveksi Virus Corona, Berharap Bisa Pulang Selamat

Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat yang belum pernah punya akses ke peminjaman ke perbankan. Ada kenaikan 18 triliun di Jawa Timur.

Sementara itu, Kepala BPN Gresik, Asep Heri mengaku belum satu tahun sudah dua kali dikunjungi Presiden Jokowi untuk membagikan sertifikat tanah di Gresik.

"Bulan april sudah selesai 15 ribu tanah bersertifikat. Gresik 74 ribu sertifikat, baru 51 persen bersertifikat. 49 persen lainnya insya allah 2023 selesai," pungkasnya. (wil/Tribunjatim.com)

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved