Studi Banding ke DPRD Kabupaten Blitar, Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Kagumi Kerja Dinas Kominfo

DPRD Kabupaten Tegal melakukan studi banding terkait peranan DPRD dalam melakukan pengawasan bersama Inspektorat dan sistem kerja Kominfo DPRD Blitar

Studi Banding ke DPRD Kabupaten Blitar, Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Kagumi Kerja Dinas Kominfo
istimewa
Suasana pertemuan antara Komisi I DPRD Kabupaten Tegal dengan Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (29/1/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Komisi I DPRD Kabupaten Tegal melakukan studi banding terkait peranan DPRD dalam melakukan pengawasan bersama Inspektorat dan soal sistem kerja Kominfo ke Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (29/1/2020).

Rombongan dari Komisi I DPRD Kabupaten Tegal diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, M Sulistiyono bersama perwakilan dari Dinas Kominfo Kabupaten Blitar dan Inspektorat Kabupaten Blitar.

Dalam acara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tegal, Khairul Soleh memuji kinerja Dinas Kominfo Kabupaten Blitar. Menurutnya, sistem kerja Dinas Kominfo Kabupaten Blitar semua sudah berbasis digital.

"Ternyata Kominfo di sini (Kabupaten Blitar) sudah luar biasa. Semua sudah digital, mulai e planning, e budgeting, e kinerja, dan lain lain. Ada juga aplikasi lapor bupati untuk semua pengaduan di masyarakat. Kami perlu banyak belajar dari Kominfo Kabupaten Blitar," katanya.

Dikatakannya, banyak yang Dinas Kominfo Kabupaten Blitar di terapkan di kabupaten Tegal. Misalnya, soal jaringan fiber optik, Kominfo Kabupaten Blitar memilih menyewa ke pihak ketiga tidak membangun jaringan sendiri.

RSUD Gambiran Ditunjuk Jadi RS Rujukan Pasien Suspect Corona Virus

Hal itu, berbeda dengan di Kabupaten Tegal yang berencana ingin membangun jaringan fiber optik sendiri dengan biaya lumayan mahal.

"Di Kabupaten Tegal ngotot ingin membangun jaringan fiber optik sendiri dengan biaya sangat mahal," ujarnya.

Selain itu, soal sistem jaringan di Kominfo Kabupaten Blitar juga terpusat di satu titik. Jaringan itu kemudian disebarkan ke semua OPD, Kecamatan, dan Desa.

"Kami akan meniru sistem jaringan di Kominfo Kabupaten Blitar untuk diterapkan di Kabupaten Tegal, tapi kami tetap akan memodifikasinya," katanya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, M Sulistiyono mengatakan kunjungan rombongan Komisi I DPRD Kabupetan Tegal memang ingin belajar soal sistem pengawasan di Inspektorat dan soal sistem kerja di Kominfo Kabupaten Blitar.

Untuk itu, dalam pertemuan itu, Komisi I DPRD Kabupaten Blitar juga mengundang perwakilan dari Inspektorat dan Kominfo. Perwakilan dari Inspektorat dan Kominfo menjelaskan sistem kerja di masing-masing instansinya ke rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal.

"Mereka sangat mengapresiasi penjelasan dari Inspektorat dan Kominfo. Kalau dari Inspektorat, mereka ingin mengetahui sistem pengawasan dalam menjalankan program PTSL di Kabupaten Bliar. Mereka menganggap sistem pengawasan Inspektorat di program PTSL bagus, tidak ada masalah di lapangan," katanya.

Dikatakannya, rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal juga kagum dengan sistem kerja di Dinas Kominfo Kabupaten Blitar. Mereka berencana mengajak Dinas Kominfo Kabupaten Tegal untuk belajar langsung soal sistem kerja di Dinas Kominfo Kabupaten Blitar.

"Mereka rencananya akan datang lagi ke sini (Blitar) dengan mengajak Dinas Kominfo Kabupaten Tegal untuk belajar lebih detail soal sistem kerja di Dinas Kominfo Kabupaten Blitar," katanya. (sha/adv/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved